Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Mitsubishi Motors Mundur
Oleh : Redaksi
Jum'at | 20-05-2016 | 13:23 WIB
mitsubishi-motors-bbc.jpg Honda-Batam

(Sumber foto: Getty Images via BBC)

BATAMTODAY.COM - Mitsubishi Motors mengumumkan bahwa presidennya, Tetsuro Aikawa, mengundurkan diri di tengah skandal manipulasi data efisiensi bahan bakar.

Pengumuman itu disampaikan sendiri oleh Tetsuro Aikawa dalam jumpa pers di Tokyo pada Rabu (18/5/2016).

"Saya telah mengambil keputusan untuk mundur pada tanggal 24 bulan depan ketika kami mengadakan pertemuan pemegang saham, untuk mengambil tanggung jawab atas seluruh ketidaknyamanan yang terjadi," kata Aikawa yang menjadi presiden Mitsubishi dan menjadi CEO pada Juni 2015, dilansir BBC.

Produsen mobil Jepang ini sudah mengakui bahwa penggunaan sistem uji yang digunakan untuk mengelabui data bahan bakar kendaraan sudah dioperasikan selama 25 tahun terakhir.

Sistem digunakan di beberapa model yang dipasarkan di dalam negeri sejak 1991, meskipun ketika itu terjadi perubahan peraturan namun Mitsubishi tak mengindahkan tuntutan perubahan.

Sejauh ini belum jelas sanksi-sanksi yang akan diberikan kepada Mitsubishi karena melanggar peraturan efisiensi bahan bakar. Penyelidikan lebih mendalam masih dilakukan oleh pihak berwenang.

Sebelum skandal terkuak, Mitsubishi Motors tercatat sebagai produsen mobil terbesar keenam di Jepang dan nomor 16 di seluruh dunia.

Sumber: BBC
Editor: Dodo