Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Beri Penghargaan kepada Sejumlah Tokoh di Hari Kebangkitan Nasional
Oleh : Irawan
Jum'at | 20-05-2016 | 12:16 WIB
Harkitnas.jpg Honda-Batam

Menteri Dalam Negeri memberi penghargaan kepada sejumah tokoh usai memimpin Hari Kebangkitan Nasional di Kementerian Dalam Negeri

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh untuk jasanya memberikan masukan terkait tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan efisien. 

 
Penghargaan diberikan di sela upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jumat (20/5/2016). 
 
Peserta upacara adalah ratusan orang yang terdiri dari PNS Kemendagri dan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). 
 
Delapan orang tersebut antara lain Gubernur Sulses Syahrul Yasin Limpo, Kausar, Peneliti LIPI Siti Zuhro, Mantan Walikota Palembang Eddy Santana Putra, Mantan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan, pengamat politik CSIS J Kristiadi, (Alm) Susilo, dan Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Robert Endi Jaweng. 
 
Mendagri menginstruksikan agar seluruh masyarakat Indonesia turut serta membangun bangsa bersama-sama. 
 
Menurutnya, kemerdekaan bangsa ini direbut bersama-sama dengan berjuang dan berdoa demi satu tujuan dan kepentingan. 
 
Untuk itu itu, melalui hari Kebangkitan Nasional, Tjahjo mengingatkan komitmen itu untuk bersama membangun negeri.
 
"Semoga peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga memperbarui semangat Trisakti yaitu berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan," kata Tjahjo dalam pidatonya. 
 
Presiden Joko Widiodo (Jokowi), kata Tjahjo, melalui Nawacitanya mengedepankan membangun komitmen bersama dalam mempercepat pembagunan negeri ini. Hal itu merupakani kunci kesejahteraan dengan percepatan pembangunan, kesehatan dan pendidikan.
 
Dalam momentum Harkitnas dan Nawacita Presiden Jokowi, Tjahjo berharap pentingnya membangun kebersamaan dan terlibat dalam proses pengambilan putusan pemerintahan," ujar dia.
 
"Jika kita konsisten, jalan kemandirian ini Insya Allah akan membawa bangsa ini mengalami kebangkitan yang selanjutnya, yaitu menjadi bangsa yang lebih jaya dan kompetitif dalam kancah internasional," jelasnya. 
 
Tjahjo juga mengajak para hadirin yang hadir untuk terus meningkatkan pelayanan agar tak berbelit belit. Serta bagaimana membangun proses yang lebih transparan. 
 
"Mari pangkas segala proses yang pelayanan yang berbelit-belit dan berkepanjangan tanpa alasan yang jelas. Mari bangun proses-proses yang lebih transparan. Mari berikan layanan tepat waktu sesuai jangka waktu yang telah dijanjikan," katanya.
 
Editor: Surya