Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sukses Berantas Teroris dan Narkoba

Kepemimpinan Badrodin Memungkinan untuk Diperpanjang
Oleh : Irawan
Kamis | 19-05-2016 | 10:15 WIB
Badrodin.jpg Honda-Batam

Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepemimpinan Kapolri Jenderal Badroddin Haiti dinilai mampu memberikan peningkatan kepada kinerja Kepolisian di jaman pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) -Jusuf Kalla). Menyikapi hal itu, merupakan sebuah kewajaran jika berbagai pihak menginginkan kepemimpinan Badroddin Haiti dan Budi Gunawan diperpanjang.

"Kepemimpinan Jenderal Badroddin Haiti mampu menggerakan sumber daya manusia (SDM) di tubuh Polri, seperti penanggulangan teroris dan pemberantasan narkoba," ujar pengamat kebijakan publik, Agung Suprio, dalam dialog nasional bertema Wacana Kritis Perpanjangan Masa Jabatan Kapolri dan Stabilitas Nasional yang digelar di Hotel Sari San Pasific, Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Tak hanya itu, di mata Agung, kepemimpinan Jenderal Badroddin Haiti juga telah mampu menunjukan hubungan baik dengan lembaga lain, misalnya pemerintah dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehingga kasus seperti cecak dan buaya tidak terjadi jaman Badroddin.

"Suasana yang kondusif ini tidak ditemukan jaman Kapolri sebelumnya, Kamtibmas juga relatif bagus," ujarnya.

Menurut Agun, tak hanya soal prestasi, memperpanjang masa jabatan Jenderal Badroddin Haiti sebagai Kapolri juga akan berdampak positif pada regenerasi di tubuh Polri itu sendiri.
Dari sisi regenerasi, biasanya jika ada proses pergantian Kapolri, pasti ada promosi di tingkat Polsek hingga Polres maupun tingkat Polda.

Kalau setahun sudah diganti, utamanya Badroddin diganti, maka mutasi dan promosi di Polri akan cepat dan ini menimbulkan ketidakstabilan. "Kinerja ‎polisi tidak bisa optimal, karena bagaimanapun juga pemimpin memiliki komando. Jadi inilah yang harus jadi perimbangan Presiden semuanya tergantung Presiden," katanya.

Expand