Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pekan Ini, Rumah Potong Ayam Halal di Batam Diresmikan
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 09-05-2016 | 15:47 WIB
badarudin-kemenag.jpg Honda-Batam

Humas Kantor Kemenag Batam, Badaruddin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, akan meresmikan satu-satunya rumah potong ayam halal (RPAH) di Seitemiang, Kecamatan Sekupang pada Jumat (13/5/2016) mendatang.

Humas Kantor Kemenag Batam, Badaruddin mengatakan peresmian RPAH akan jadi satu-satunya tempat pemotongan ayam halal di Kota Batam. Karena saat ini belum ada tempat khusus pemotongan ayam yang memiliki jaminan halal.

"Minggu ini rencana akan diresmikan. Kita berharap Dirjen Bimbingan Islam dan Badan Wakaf Indonesia yang akan meresmikan," kata Badaruddin, Senin (9/5/2016).

Pembangunan RPAH ini didasari banyaknya masyarakat atau pengusaha ayam dan unggas sifatnya masih memotong sendiri dan belum terjamin kehalalannya.

"Nanti RPAH itu ada ciri-ciri khusus, labelnya plastik bertulisan Mahdani. Artinya ayam yang dijual di pasaran sudah dijamin halalnya," kata

Tujuan peresmian RPAH itu kata Badaruddin dari sisi halalnya. Saat ini Kemanak tidak bisa menjamin ayam-ayam yang dijual dipasaran sudah dipatong sesuai syariat atau tidak.

"Halalnya jelas dan terjamin, serta lebih yakin," katanya.

Nantinya di rumah potong ayam halal akan ditempatkan empat petugas khusus yang memiliki sertifikat halal yang diberikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Satu hari RPAH bisa menampung 10 ton ayam dari hasil produksi. Kedepanya kita akan memproduksi ayam sendiri. Sekarang hanya menyediakan potong ayam saja," tuturnya.

Editor: Dodo