Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Setya Novanto Terkaya, Mahyudn Termiskin

Enam Caketum Golkar Lolos Ikut Munaslub, Dua Calon Ditunda
Oleh : Irawan
Jum'at | 06-05-2016 | 19:52 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Rapat pleno DPP Partai Golkar memutuskan enam calon ketua umum (caketum) Golkar lolos tahap verifikasi setelah membayar iuran sebesar Rp 1 miliar, sementara dua calon lain masih ditangguhkan, karena belum iuran tersebut.


Keenam caketum tersebut dipastikan bakal mengikuti Munaslub Golkar yang bakal digelar pada15-17 Mei di Bali

Enam caketum yang dinyatakan lolos adalah Setya Novanto, Ade Komaruddin, Airlangga Hartarto, Priyo Budi Santoso, Mahyudin dan Azis Syamsuddin. Sedangkan dua caketum yang ditunggu adalah Indra Bambang Utoyo dan Sahrul Yasin Limpo.

Ketua Panitia Pengarah (Steering Committee/SC) Munaslub mengatakan, enam caketum dinyatakan lolos administrasi dan mengikuti tahap selanjutnya.

"Enam bakal calon sudah dinyatakan lolos secara administrasi dan bisa mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya, pengambilan nomor urut, sosialisasi dan debat sepanjang proses menuju Munaslub tidak ada pelanggaran kode etik," kata Nurdin dalam jumpa pers di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta, Jumat (6/5/2016).

Menurut Nurdin, masih ada dua calon ketum lainnya yang belum menyetorkan iuran yakni Indra Bambang Utoyo dan Syahrul Yasin Limpo. Mereka  masih ditunggu hingga esok hari (7/5/2016) pukul 12.00 WIB.

"Kita beri kesempatan sampai besok (7/5/2016) jam 12.00 WIB untuk direspons, saya akan mengirim surat dari SC," katanya.

Nurdin kemudian langsung menyebut alasan pemberian kesempatan adalah karena faktor obyektif sesuai dengan AD/ART partai. Nurdin juga menepis anggapan bahwa duit Rp 1 miliar merupakan biaya pendaftaran.

"Menegaskan kembali, uang pendaftaran, bukan mahar ataupun lainnya tapi menjadi sumbangan. Dari enam calon, ada yang lebih menyumbang lebih yaitu saudara Priyo yang menyumbang 100 ribu USD atau kira-kira setara Rp 1,23 miliar," kata Nurdin.

Dia lalu menyebut kebutuhan panitia untuk menggelar Munaslub adalah Rp 45 miliar. Selain itu tak ada pemberian uang transport. 

Pada kesempatan itu, Ketua SC Munaslub Partai Golkar juga mengumumkan jumlah kekayaan keenam caketum. Mantan Ketua DPR yang sekarang Ketua FPG DPR menjadi caketum terkaya, diikuti Sekretaris FPG DPR Azis Syamsuddin, Anggota FPG Airlangga Hartarton Ketua DPR Ade Komaruddin, mantan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso dan Wakil Ketua MPR dari FPG Mahyudin.

Berikut total harta kekayaan para caketum yang diumumkan oleh Nurdin Halid:

1. Setya Novanto dengan harta kekayaan Rp 114,769 miliar
2. Aziz Syamsuddin dengan harta kekayaan Rp 58,93 miliar dan US$ 24.999
3. Airlangga Hartarto dengan harta kekayaan Rp 46,39 miliar
4. Ade Komarudin dengan harta kekayaan Rp 20,3 miliar dan utang Rp 3 miliar
5. Priyo Budi Santoso dengan harta kekayaan Rp 17 miliar dan US
6. Mahyudin dengan harta kekayaan Rp 10,615 miliar.

Editor: Surya