Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inggris Lakukan Transplantasi Organ Sesama Pasien HIV
Oleh : Redaksi
Jum'at | 06-05-2016 | 14:38 WIB
organ-tranpalnt.jpg Honda-Batam

(Sumber foto: BBC)

BATAMTODAY.COM - Transplantasi organ-organ dari penderita HIV kepada penderita HIV lainnya sudah berhasil dilakukan di Inggris. Hingga saat ini, dua ginjal dan dua hati sudah disumbangkan kepada pasien lain yang terinfeksi HIV. 

Keberhasilan pertama dicapai dengan transplatansi ginjal pada tahun 2015 di RS Guys and St Thomas, di London pada tahun 2015.

Layanan kesehatan Inggris, NHS, mengatakan terobosan itu bisa membantu mengurangi kekurangan organ tubuh dengan harapan lebih banyak lagi penderita HIV yang mendaftarkan diri untuk menyumbangkan organnya setelah meninggal dunia.

Saat ini, organ dari penderita HIV hanya bisa diberikan kepada sesama penderita.

Setiap calon donor harus menjalani pemeriksaan, mencakup HIV, Hepatitis B, dan Hepatitis C.

"Ini hal yang menarik, beberapa orang dengan HIV di Inggris telah membantu pasien HIV lainnya setelah kematian mereka dengan menyumbangkan organ," kata Profesor John Forsythe, dari bagian tranplantasi dan donor organ NHS.

Walau ada pembatasan bahwa organ dari pasien HIV yang meninggal dunia hanya bisa diberikan kepada sesama pasien HIV, inovasi seperti ini -menurut Profesor Forsythe- bisa membuka peluang untuk sumbangan organ yang selama ini tidak ada.

Di Inggris setiap harinya tiga orang menunggu antrean untuk mendapatkan organ tubuh.

Sumber: BBC
Editor: Dodo