Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelayaran ke Sungai Tenam Terlayani Mulai Pekan Depan
Oleh : Nur Jali
Rabu | 04-05-2016 | 13:25 WIB
ferry-lingga-buton.jpg Honda-Batam

Sebuah kapal ferry saat merapat di Pelabuhan Tanjungbuton.

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pelayaran ke wilayah Sungai Tenam, Lingga akan mulai terlayani pada Selasa pekan depan oleh sebuah kapal ferry perintis yang biasa melayani rute Tanjungpinang-Lingga.

Pembukaan rute pelayaran ke Sungai Tenam merupakan tindak lanjut dari perintah Bupati Lingga menyusul selesainya pembangunan pelabuhan di daerah tersebut yang didanai APBN. Selain itu saat ini juga sudah ada operator yang sedang mengurus perizinan trayek, untuk melayani rute Sungai Tenam Lingga - Benan dan Batam.

"Besok akan kita cek kesiapan pelabuhan di sana (Sungai Tenam)," kata Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Lingga, Selamat, Rabu (4/5/2016).

Sementara itu mengenai adanya Armada yang sering rusak, dirinya mengatakan sudah menyampaikan kepada pihak Operator agar segera mengganti Armada yang tidak layak dan mengutamakan keselamatan masyarakat. Bahkan diakuinya hal tersebut juga pernah disampaikan Bupati Lingga kepada pihak Operator.

"Kita sudah minta operator agar menindaklanjuti permintaan bupati, khususnya untuk pemantapan armada, agar pelayanan penumpang benar-benar nyaman," kata dia.

Saat ini, hanya ada satu operator yang melayani rute Tanjungbuton - Tanjungpinang dan Sungai Tenam. Jika operator tidak mampu memberikan pelayanan yang maksimal dengan menyediakan armada yang layak, maka pihaknya akan menindak tegas setelah sebelumnya melakukan perundingan terlebih dahulu.

"Kalau tidak ada perubahan, maka kita akan ambil langkah tegas, karena izin trayek mereka bukan di kabupaten tapi di provinsi," ungkapnya.

Sementara, untuk operator lainnya saat ini sedang mengurus perizinan trayek di Provinsi. Armada yang baru nanti akan melayani rute Sungai Tenam - Benan dan Batam.

"Dengan operator yang baru nanti, diharapkan akan memberikan kemudahan bagi wisatawan yang ingin ke Pulau Benan," ungkapnya.

Editor: Dodo