Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pawai Taruf MTQ IV Bintan Dirangkai dengan Hardiknas
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 04-05-2016 | 09:50 WIB
Pawai.jpg Honda-Batam

Kegiawan pawai yang meriah. (Foto: Humas Pemkab Bintan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pawai taruf yang merupakan pembuka rangkaian acara MTQ ke-VI tingkat Kabupaten Bintan dilaksanakan Senin (2/5/2016), tak lama setelah dilaksanakannya upacara Hari Pendidikan Nasional di lapangan relief antam kijang. 

 

Dalam acara ini Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos, dan Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM, ikut menyaksikan pawai yang terdiri atas kontingen dari 10 kecamatan di Kabupaten Bintan ini.

Berbagai macam aksi disuguhkan dalam kegiatan ini. Atraksi marching band, atraksi silat, atraksi tari-tarian, arak-arakan sepeda tua atau sepeda onthel, peragaan busana dengan design yang kreatif dan inovatif menjadi sajian utama, diantara atraksi lain yang ikut memeriahkan jalannya pawai ta’ruf ini.

Ke-10 kecamatan di kabupaten bintan, masing-masing mengirimkan atraksi terbaiknya, yang nantinya akan dinilai oleh tim penilai, dan akan diumumkan pemenangnya pada akhir rangkaian kegiatan MTQ ke-IV tingkat Kabupaten bintan ini. Dalam pawai ini, tampak masing-masing camat juga ikut mendampingi kontingen yang berjalan di sepanjang jalan utama tepat di depan Gedung Lembaga Adat Melayu Kabupaten Bintan.

Dalam kesempatan ini, melihat atraksi marching band, dan peragaan busana daerah dari anak-anak TK yang ikut dalam arak-arakan pawai, bupati bintan H. Apri Sujadi, S.Sos dan wakil bupati bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM menyempatkan diri turun kejalan dan menyemangati langsung para peserta pawai, yang sejak awal begitu antusias menunjukkan aksi mereka masing-masing.

Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos mengatakan bahwa ia sangat berterima kasih kepada wakil bupati bintan yang juga merupakan Ketua umum LPTQ kabupaten bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM yang telah menyiapkan acara dengan sangat baik.

Pawai ta’ruf inipun dipadati oleh masyarakat kijang yang begitu antusias dan bersemangat menyaksikan atraksi pawai dari tiap kecamatan yang ada.

Sebelumnya, Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos melantik dewan hakim di gedung lembaga adat melayu kabupaten bintan. Dalam pelantikan dewan hakim ini, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Bintan menunjuk Drs. H. Arusmam Yusuf, M.Hi sebagai ketua dewan hakim.

Dalam kesempatan ini, dilantik juga Wakil ketua Drs. H. Suryono, Sekretaris H. M. Darini, dan Wakil Sekretaris Muhammad Hasbi S.Hi. serta segenap anggota dewan hakim yang secara keseluruhan berjumlah 50 orang. Kepada dewan hakim bupati Bintan berharap agar dapat memberikan penilaian sesuai prosedur untuk mendapatkan qori dan qoriah yang berkualitas.

“Kita harapkan dewan hakim dapat menilai sesuai prosedur penilaian sehingga kita akan mendapatkan qori maupun qori’ah yang berkualitas dan bisa membanggakan kabupaten bintan di event yang lebih tinggi lagi”

Apri pun berharap agar seluruh masyarakat kabupaten bintan, melalui kegiatan ini dapat memaknai pelaksanaan MTQ ini.


“Semoga masyarakat bisa memaknai MTQ ini, dan menyadari bahwa bahwa budaya itu penting, agama itu sangat penting sebagai pedoman kita dalam melangkah” tuturnya.

Editor: Dardani