Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lis Buka Festival dan Lomba Seni Nasional 2016
Oleh : Roland Aritonang
Minggu | 24-04-2016 | 09:02 WIB
Festivalseni.jpg Honda-Batam
Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah  membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2016 di Gedung Aisyah Sulaiman Tanjungpinang (Foto: BATAMTODAY.COM/Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang-Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah  membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2016 di Gedung Aisyah Sulaiman Tanjungpinang, Sabtu (23/4/2016)

Festival dan lomba tersebut diikuti 1.073 siswa-siswi tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kota Tanjungpinang yang akan berlangsung mulai 19 sampai dengan 30 April 2016.

" aya senang dengan diadakan festival seperti ini, kegiatan positif ini dapat meningkatkan seni yang dimiliki peserta didik kita " kata Lis, sebelum membuka kegiatan tersebut di Tanjungpinang

Melalui festival ini, lanjut Lis, bisa menjadi wadah bagi siswa siswi kita untuk mengembangkan seni dan bakat yang mereka miliki. 

Selain itu, anak didik diharapkan bisa menanamkan nilai seni dan budaya, khususnya tradisi melayu yang ada di Kota Tanjungpinang.

"FLS2N menyediakan ajang kompetensi putra-putri terbaik di kota tanjungpinang dalam menyalurkan minat dan talenta yang dimilikinya, khususnya di bidang seni, mudah-mudahan festival ini dapat melahirkan peserta didik yang berprestasi di tingkat provinsi maupun nasional," tutur Lis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang Dts. HZ. Dadang, AG  mengatakan kegiatan ini dapat memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik.

"Dapat membina, meningkatkan kreatifitas dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai minat, bakat, dan kemampuannya, "jelasnya

FLS2SN tahun ini, kata Dadang, diikuti sebanyak 1.073 siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kota Tanjungpinang, dengan 23 cabang yang akan diperlombakan. 

Untuk tingkat SD terdapat 9 cabang lomba seni yang akan diikuti 560 pelajar, tingkat SMP ada 14 cabang lomba seni yang diikuti 388 siswa-siswi. Sedangkan untuk tingkat SMA ada 10 cabang lomba seni dengan 125 peserta didik.

Dadang  mengungkapkan,  dalam rangkain acara tiga tahun kegiatan dan pembangunam Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang  juga ekaligus meluncurkan sebuah buku dengan judul " Secanting Hati Sekebat Nasehat ". Buku ini merupakan karya Dadang sendiri yang berisi syair dan pantun. 

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul,  Sekretaris Daerah  Riono, para asisten dan staf ahli Pemerintah Kota Tanjungpinang, jajaran kepala SKPD, camat dan lurah se-Kota Tanjungpinang. 

Hadir juga Ketua TP PKK Kota Tanjungpinan  Yuniarni Pustoko Weni,  Ketua GOW  Juariah Syahrul, Ketua DWP Ersa Famella Riono, Ketua MUI, Kepala Sekolah serta Guru se- kota Tanjungpinang.

Pelaksanaan  FLS2N yang digelar pada 19-30 April 2016 ini bertempat di  Aula SMPN 4, Aula SMKN 1, SMKN 2 dan Gedung Kesenian Aisyah Sulaiman.

Acara semakin meriah, ketika sejumlah siswa-siswi meunjukkan kebolehannya diatas panggung, tarian, musik, drama, dan celoteh anak sebaok, sangat menghibur tamu yang hadir, tepukan, tawa dan sorak sorai penonton pun terdengar gemuruh didalam gedung itu.

Suasana semakin heboh,  tak kala kepala sekolah berjoget bersama dengan walikota beserta istri,  wakil walikota, sekretaris daerah kota beserta istri, serta sejumlah pejabat lainnya.

Editor: Surya