Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BATAMTODAY Sambangi Rumah Baru Malaikat Kecil
Oleh : Harun Al Rasyid
Sabtu | 23-04-2016 | 08:36 WIB
beta-nova.jpg Honda-Batam
Beta, sapaan akrab Harun Al Rasyid, saat menyampaikan bingkisan kecil dari awak BATAMTODAY.COM. (Foto: Saibansah)

BATAMTODAY.COM, Batam - Nova Afel Lia, si "Malaikat Kecil" yang tak memiliki kedua orang tua kandung itu, kini tinggal di rumah pamannya, Toga Harianja (48), abang kandung ayahnya di Perumahan Melcok Blok AA nomor 5, Kelurahan, Sengkuang, Batu Ampar Batam. 

Hal itu terungkap saat BATAMTODAY.COM berkunjung ke rumah paman Nova itu untuk menyampaikan bingkisan kepedulian para wartawan dan keluarga besar media online terbesar di Provinsi Kepri itu.

Anjar panggilan akrab Toga Harianja menuturkan, Nova akan diasuh seperti anaknya sendiri. Nova merupakan buah hati dari almarhum adik kandungnya, Roni. "Keluarga dekatnya yah sama kami. Jadi kamilah yang merawatnya," tutur Anjar saat di sambangi BATAMTODAY.COM, Kamis (21/4/2016) sekitar pukul 20.30 WIB. 


Dikatakan Anjar, Nova nantinya akan disekolahkan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 002 Sengkuang Batuampar. Akan tetapi Anjar mengaku mengalami kendala dengan umur yang dimiliki Nova. Saat ini, Nova berumur 10 tahun, sejatinya sudah duduk di bangku kelas IV SD. 

"Umur 14 tahun baru tamat SD, kita khawatirnya terbebani mental dan merasa minder dengan teman-teman lain," ujarnya. 

Intan (40), istri Anjar menambahkan, mereka berniat memasukan Nova langsung duduk di kelas III atau IV SD. Sementara mengenai keterlambatan mengikuti pelajaran lalu, akan di usahakan dengan mengikuti les khusus. Karena Nova hanya sempat sekolah sampai kelas II saja. "Kalau tidak, biar dia ikut les saja, nanti didaftarkan mengikuti ujian paket A," curhat Intan. 

Menanggapi hal itu, Redaktur Senior BATAMTODAY.COM, Saibansah Dardani yang ikut dalam lawatan ini menyampaikan, kemungkinan besar hal tersebut tidak bisa di wujudkan. Mengingat aturan regulasi dari Kementerian Pendidikan bahwa untuk mengikuti ujian paket A, B maupun C, harus berumur lebih tua dari standar kelulusan biasa. 

Dengan melihat umur Nova saat ini, kecil kemungkinan akan diterima mengikuti ujian paket A. Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Regional Kepri ini menyarankan agar mengikuti saja sesuai dengan aturan yang ada. 

"Ulang kelas II SD saja tidak masalah. Takutnya adek Nova tidak bisa mengikuti pelajaran kelas III atau IV. Keteteran dia nanti," ungkap Saibansah. 

Editor: Dodo