Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemarau Panjang, PDAM Optimalkan Waduk di Karimun
Oleh : Nursali
Jum'at | 22-04-2016 | 12:36 WIB
optimalisasi_waduk.jpg Honda-Batam
Kemarau berkepanjangan membuat PDAM mengoptimalkan waduk di Karimun (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Akibat kemarau yang berkepanjangan menyebabkan debit air bersih semakin berkurang sehingga Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Karimun mengoptimalkan seluruh waduk yang ada di kabupaten maritim ini.

Kepala Unit Karimun PDAM, Heri Budiarto, mengatakan pengoptimalan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Pulau Karimun besar, dengan cara menyalurkan waduk-waduk yang ada ke waduk induk dan selanjutnya didistribusikan ke para pelanggan PDAM tersebut.

"Waduk yang ada kita alirkan ke waduk induk yang di Sei Bati. waduk di Poros, sebelah Kodim, waduk di Gang Merdu," kata Kepala Unit Karimun PDAM, Heri Budiarto kepada pewarta di ruang kerjanya. Jumat (22/4/2016).

Ia juga mengatakan, dengan dialirinya air dari kedua waduk tersebut, kebutuhan air bersih pelanggannya segera teratasi, karena debit air di dua waduk tersebut terbilang cukup, untuk mengcover seluruh kebutuhan masyarakat.

"Dengan terbantunya kiriman air di waduk tersebut dapat terpenuhi, walaupun kapasitasnya 50 sampai 60 liter perdetik," katanya lagi.

Heri menambahkan, untuk mengatasi kemarau panjang seperti yang terjadi pada saat sekarang ini, pihaknya masih bergantung pada sumber air baku atau air tadah hujan.

Editor: Udin