Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima Kandidat Bertarung di Pilkades Lancangkuning Bintan
Oleh : Harjo
Rabu | 20-04-2016 | 16:47 WIB
kandidat-lancangkuning.jpg Honda-Batam
Lima kandidat Kades Lancangkuning.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban- Sebelum memasuki tahapan kampanye dan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), panitia pelaksana Pilkades Lancangkuning, Kecamatan Bintan Utara, menggelar deklarasi pilkades damai di aula pertemuan desa setempat, Rabu (20/4/2016).

Dalam deklarasi damai tersebut, lima calon kades diantaranya, Vensensius Djong (52), Sahrir Efendi (54), Swarsono (45),  Muhammad Effendi (30) dan Kholili Bunyani (50), membubuhkan tandatangan bersama perwakilan Camat Bintan Utara, Polsek Bintan Utara, Babinsa dan ketua panitia pelaksana.

Pejabat kepala desa Lancangkuning, Vebby kepada BATAMTODAY.COM menyampaikan, dilaksanakannya deklarasi Pilkades damai, bertujuan agar sesama calon dan massa pendukungnya menjaga keamanan dan ketertiban.

"Semua tahapan pelaksanaan Pilkades, harus berjalan dengan aman dan tertib. Tidak ada unsur kekerasan, apa lagi saling menghujat sesama calon dan antar pendukung calon yang bisa mengakibatkan terjadinya pepecahan di tengah masyarakat," harap Vebby.

Karena tujuan dilaksanakannya pesta demokrasi untuk mewujudkan kedaulatan rakyat, semua bertujuan untuk membawa desa ini lebih maju kedepan.

"Semua calon harus siap menang dan siap kalah, yang menang harus menjalankan visi dan misinya dan yang kalah harus berjiwa besar untuk mendukung siapa yang nantinya terpilih," ujarnya.

Vebby menjelaskan, tahapan penetapan calon akan dilaksanakan Kamis ( 21/4/2016) dan pelaksanaan  kampanye damai dijadwalkan, Jumat-Senin (22-25/4/2016) di dua lokasi diantaranya di RW 2 dan RW 1 Desa Lancang kuning. Pilkades dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) lebih dari  700 pemilih, akan dilaksanakan Kamis (28/4/2016).

Sementara itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Bintan Utara,  Azwar, menyampaikan Pilkades adalah proses demokrasi untuk memilih kepala desa yang harus didukung oleh semua pihak agar bisa berjalan dengan sukses.

"Semua elemen harus menyukseskan pelaksanaannya, sehingga semua tahapan hingga pelaksanaan bisa berjalan damai dan sukses, sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat," harapnya.

Sebaliknya, Iptu Edison Kanit Sabhara Polsek Bintan Utara, yang mewakili Kapolsek Bintan Utara, menyampaikan dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pilkades, diharapkan semua pihak untuk meningkatkan  koordinasi demi memaksimalkan pengamanan.

"Calon kepala desa, silahkan berkampanye dengan damai dengan membawa niat yang baik. Untuk  membangun desanya. Jangan hanya berharap dengan uang pembangunan desa sehingga mencalonkan diri sebagai kepala desa," harapnya. 

Editor: Dodo