Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengganti Puan Maharani Dilantik sebagai Anggota MPR RI
Oleh : Irawan
Rabu | 20-04-2016 | 16:00 WIB
pelantikan_pengganti_puan.jpg Honda-Batam
Alfia Reziani saat dilantik sebagai Anggota MPR RI

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didampingi Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang melantik  Alfia Reziani membacakan sumpah jabatan sebagai anggota MPR RI, setelah sebelumnya dilantik sebagai anggota DPR yang selama satu tahun kursinya dibiarkan kosong tidak diisi oleh DPP PDIP.

Alifia Reziani dilantik sebagai pengganti Puan Maharani yang terpilih menjadi Menteri Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla.

"Baru saja saya melantik pengganti Puan Maharani, namanya Alfia Reziani, dari dapil Jateng IV. Kami bersyukur karena pengganti Puan perempuan, jadi bagus sehingga anggota MPR yang perempuan tidak berkurang," kata Zulkifli  saat memberikan sambutan di Komplek MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Ketua MPR  mengaku, senang karena pengganti putri Megawati tersebut adalah perempuan. "Artinya, tidak mengurangi jatah gender yang 30 persen. Selamat bertugas. Kita di MPR ini sebagai rumah besar rakyat Indonesia banyak yang datang," katanya.

Zulkifli juga mengatakan bahwa saat ini MPR sedang mempersiapkan tahapan penting Indonesia memiliki haluan negara. Tahapan itu berupa kajian, FGD, dan lainnya.

Jika negara tanpa haluan, Zulkifli khawatir akan semakin menguatkan kelompok elite. Saat ini, MPR sudah melakukan rapat gabungan dan memulai tahapan penting pembentukan haluan negara.

"Sekali lagi, selamat bergabung. Selamat bekerja. Semoga bisa memperkuat MPR sebagai lembaga negara," ujar Zulkifli.

Sementara itu, Alfia  mengucap sumpah dengan dipandu Ketua MPR. Dia bersumpah akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan bekerja sebaik-baiknya, seadil-adilnya, sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban akan berkerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili demi kepentingan nasional bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Alfia, membacakan sumpah janji sebagai anggota MPR.

Alfia atau yang kerap disapa disapa Alfi, merupakan calon legislatif yang maju dari daerah pemilihan Jawa Tengah V, dapil yang sama dengan Puan. Dapil tersebut meliputi wilayah Sukoharjo, Solo, Boyolali, dan Klaten.

Alfia Reziani telah dilantik menjadi anggota DPR RI pada Kamis (17/3/2016) lalu. Kini Puan Maharani sudah resmi tak terdaftar sebagai anggota DPR RI lagi.

Penggantian Puan Maharani yang kini menjabat Menko PMK dari DPR tertunda cukup lama.  Bahkan, pengganti Mendagri Tjahjo Kumolo dan Seskab Pramono Anung dilantik lebih dahulu.

Lamanya proses pergantian antar waktu (PAW) Puan ini akibat ada sengketa internal di antara caleg di PDIP. Putri Megawati Soekarnoputri itu ingin Darmawan Prasodjo jadi penggantinya di DPR. Namun Darmawan yang sudah menjadi Deputi I Kepala Staf Kepresidenan menolak.

PDIP mencoba meminta Darmawan menuruti keinginan Puan, namun pria yang karib dipanggil Darmo itu sepertinya sudah nyaman dengan posisinya di Istana. Akhirnya, PDIP mencari pengganti lain, peraih suara terbanyak setelah Darmawan Prasodjo di Dapil Jateng V.

Spekulasi pun sempat merebak. Belum mundurnya Puan dikaitkan dengan keinginan PDIP memeluk kursi Ketua DPR. Tetapi hal itu lalu dibantah oleh PDIP, dan kini isu panas itu memang tak terbukti.

Editor: Surya