Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun ini, Kawasan Bisnis Nagoya Bakal Dialiri Gas Bumi
Oleh : Gokli
Senin | 18-04-2016 | 17:28 WIB
proyek-pipa-gas-nagoya.jpg Honda-Batam
Proyek pemasangan pipa distribusi gas di kawasan Nagoya. 

BATAMTODAY.COM, Batam - Kawasan bisnis Nagoya akan dialiri gas bumi. Saat ini, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) sedang merampungkan pemasangan pipa gas sepanjang 18,3 kilometer (Km) di daerah tersebut.

Direktur PGN, Dilo Seno Widagdo, menyampaikan pengerjaan pipa gas bumi di kawasan bisnis Nagoya diprediksi rampung sekitar bulan Mei 2016. Targetnya, pusat perbelanjaan, hotel, serta industri di seputaran Nagoya bisa memanfaatkan gas yang efisien dan ramah lingkungan itu.

"Proyek pemasangan pipa gas di Nagoya sudah 90 persen. Mei 2016, diperkirakan bakal rampung," kata Dilo, dalam rilisnya, Senin (18/4/2016).

Masih kata Dilo, selain pusat perbelanjaan, hotel dan Industri, pihak berharap usaha rumah makan dan rumah tangga juga bisa memanfaatkan gas bumi tersebut. Sebab, gas bumi jauh lebih efisien dibanding bahan bakar lain dan sangat ramah lingkungan.

Tak hanya di daerah Nagoya, Dilo menambahkan, PGN juga sedang menyelesaikan pemasangan sambungan gas ke 4.000 pelanggan rumah tangga di daerah Batuaji, sesuai penugasan dari Menteri ESDM terhadap PGN.

"Targetnya pemasangan sambungan, bisa rampung tahun ini," ujarnya.

Di Batam, kata Dilo, jaring gas yang dimiliki dan dioperasikan PGN Batam sepanjang 123 Km. Setelah proyek di Nagoya selesai, maka total jaring gas yang dioperasikan PGN Batam mencapai 141,3 Km.

Saat ini, PGN Batam sudah melayani 672 pelanggan, terdiri dari 39 industri besar, 36 komersial seperti hotel dan restoran, serta 597 pelanggan rumah tangga.

Dalam skala nasional, PGN telah memasok gas bumi ke lebih dari 107.690 rumah tangga, lebih dari 1.857 pelanggan dari usaha kecil, mal, restoran hingga hotel. Bahkan, 1.529 pelanggan dari industri skala besar dan pembangkit listrik.

PGN, merupakan badan usaha yang menyalurkan gas bumi ke berbagai segmen pelanggan, mulai dari rumah tangga, UKM, hotel, mal, restoran, rumah sakit, industri, pembangkit listrik dan transportasi.

PGN juga sudah memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 7.000 km atau setara 76 persen pipa gas bumi hilir nasional.

"PGN akan terus agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional, untuk pemanfaatan gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan bagi masyarakat," tutupnya.

Editor: Dodo