Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kondisi Pelabuhan Kangka di Lingga Utara Memprihatinkan
Oleh : Nur Jali
Senin | 11-04-2016 | 16:27 WIB
pelabuhan-mengkanak.jpg Honda-Batam
Muin, Ketua RT Kangka menunjukkan kondisi Pelabuhan Kangka di Desa Mensanak, Lingga Utara yang memprihatinkan. (Foto: Nur Jali) 

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Kondisi Pelabuhan Kangka di Desa Mensanak, Lingga Utara memprihatinkan, kepala desa setempat mengharapkan pemerintah daerah dapat merehab jembatan pelabuhan yang banyak digunakan oleh masyarakat desa tersebut.

"Lantainya sudah lapuk karena terbuat dari kayu, beberapa broti penyangga juga mulai rusak, sehingga dapat membahayakan penggunanya," kata Muin, Ketua RT Kangka, Senin (11/4/2016).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Mensanak Mansur saat dikonfirmasi mengatakan pelabuhan tersebut pernah dibangun pada tahun 2007 silam. Semenjak itu, pelabuhan ini belum pernah direhab, dan hingga kini kondisinya sangat memprihatinkan.

"Pelabuhan itu memang sudah banyak yang rusak, kita juga sudah pernah menyampaikan hal ini kepada pemerintah, katanya tahun ini mau dibangun," kata Mansur.

Sementara itu, Kabid Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan dan Kominfo Lingga, Selamat saat dikonfirmasi terkait hal ini membenarkan bahwa pelabuhan tersebut sudah dianggarkan pada tahun ini untuk dibangun kembali. Namun berapa nilai anggarannya, dia mengaku belum mengecek ke kantornya.

"Saya di luar daerah, jadi tidak tahu nilai proyeknya yang jelas tahun ini sudah mulai dilelang," jelasnya.

Editor: Dodo