Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Besok, Tarif Angkutan Laut Turun 4-5 Persen
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 11-04-2016 | 14:26 WIB
angkutan_laut.jpg Honda-Batam
ilustrasi angkutan laut (foto : ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebijakan turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Pemerintah Pusat, berimbas terhadap turunnya tarif trasportasi laut antar Kota dan Provinsi. Sesuai Surat Keputusan (SK) Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri, harga tiket penumpang resmi turun mulai Selasa (12/04/2016) sebesar 4-5 persen.

Penasehat Pelayaran Rakyat (Pelra) Kota Batam, Asmadi kepada BATAMTODAY.COM menjelaskan, besok, Selasa (12/04/2016) harga tiket penumpang resmi turun, sesuai SK Dishub Provinsi Kepri sebesar 4-5 persen

Dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), penurunan itu terjadi pada semua jurusan antar kota. Seperti Batam-Tanjungbatu-Moro-Durai dan Tanjungbalai Karimun.

"Berdasarkan rapat dengan Dishub Provinsi Kepri dan usur Badan Penyelenggara Sengketa Konsumen (BPSK) diperoleh SK yang berlaku untuk tiket antar kota," katanya, Senin (11/04/2016).

Sebagai contoh dari Pelabuhan Punggur-Tanjungpinang,harga tiket mengalami penurunan sekitar Rp1.500. Sedangkan dari Batam ke Tanjungbalai Karimun harga tiket turun dari Rp89 ribu menjadi Rp85 ribu.

"Kalau penurunannya 5 persen, pengurangan harga tiket sekitar Rp4 ribu," kata Asmadi.

Hanya saja, penurunan harga tiket di Pelabuhan Domestik Sekupang berbeda-beda, tergantung jarak tempuh kota tujuan.

"Kalau lebih jauh tentu penurunan harga tiket lebih tinggi daripada yang jarak tempuhnya pendek," pungkasnya.

Editor: Udin