Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pramuka SMAN 1 Singkep Wajib Ikut Siskamling Sabtu-Minggu
Oleh : Nur Jali
Minggu | 10-04-2016 | 09:30 WIB
IMG-20160409-01232.jpg Honda-Batam
Para Penegak Pangkalan SMA Negeri 1 Singkep Kabupaten Lingga ikut Siskamling di kelurahan dan desa pada Sabtu dan Minggu

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Para Penegak Pangkalan SMA Negeri 1 Singkep Kabupaten Lingga ikut  berperan sebagai sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di dua kelurahan dan satu desa setiap malam minggu di wilayah Singkep.

Hal itu mereka lakukan untuk menyelesaikan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) dan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) dalam materi Gerakan Pramuka, sebagai salah satu syarat untuk menjadi Pramuka Garuda pada Sabtu (9/4/2016).

Supriyanto pembina Pramuka Pangkalan SMA Negeri 1 Singkep Gudep 01035 - 01036  Kabupaten Lingga mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri 1 Singkep.

Dengn adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak lebih memahami tentang siskamling, Yang selama ini mulai hilang dan mulai dilupakan oleh generasi muda.

"Kegiatan pramuka ini dapat melatih ketangkasan anak-anak di luar sekolah. Pengalaman ini juga akan menjadi anak-anak lebih memahami pentingnya pengamanan Lingkungan sekitarnya," Kata Supriyanto saat ditemui di Lokasi Kelurahan Sungai Lumpur, Sabtu malam (9/4/2016).

Selain itu kegiatan ini juga untuk menyelesaikan Ujian SKK TKK Ronda dan pengamanan kampung, sebagai syarakat khusus untuk mendapatkan TKK Siskamling Madya.

"Bentuk kegiatannya mereka diminta menjadi seperti hansip, melaporkan keadaan kampung setiap dua jam sekali ke pos, dan melakukan ronda berkeliling kampung," Jelasnya.

Sementara itu Pembina Pramuka putra SMA Negeri 1 Singkep, yang biasa di sapa Kak Sugeng menyampaikan ada 22 orang siswa-siswi yang ikut dalam kegiatan ini. Terdiri  dari 10 orang putra dan 12 orang putri, terbagi  dalam regu dimana satu regunya terdiri dari 7-8 orang Penegak.

"Kegiatannya kita mulai pukul 19.30 Wib, habis isya sampai subuh nanti setelah sholat subuh, setiap regu akan bergantian," katanya.

Kegiatan ini pada minggu pertama di gelar di Desa Tanjungharapan, dan minggu kedua di Kelurahan Sungai Lumpur, pada malam terakhir nanti akan dilaksanakan di Kelurahan Dabo Kota.

Editor : Surya