Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Lingga akan Ambil Langkah Tegas Soal Izin Tambang Bermasalah
Oleh : Nurjali
Senin | 21-03-2016 | 11:20 WIB
bupati_lingga2.jpg Honda-Batam
Bupati Lingga Alias Wello ngopi bareng kontraktor, Ormas dan LSM di Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Bupati Lingga Alias Wello menegaskan, tak ingin korbankan anak buahnya terkait izin tambang bermasalah di Lingga. Bahkan, saat ini dirinya sedang membentuk tim untuk membenahi izin tambang yang bermasalah tersebut. Setelah ada kajian, akan segera memberikan rekomendasi kepada Gubernur Kepri untuk mencabut izin-izin yang bermasalah.

"Saya sudah pernah ditegur Gubernur terkait IUP yang dikeluarkan oleh mantan Bupati dan Pj Bupati Lingga, jadi saya akan lakukan tindakan tegas terkait izin tersebut," ujar Alias Wello.

Bahkan Alias Wello mengatakan, pihaknya akan merekomendasikan kepada pihak terkait BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan) Provinsi Kepri, jika nanti ditemukan kejanggalan dalam penerbitan Izin tambang tersebut, maka pihak aparat yang hukum bekerja bukan lagi dirinya.


"Mungkin bisa saja saya minta BPKP audit, setelah itu aparat yang akan bekerja, agar hal ini jadi terang benderang," tambahnya. 

Alias wello juga mengungkapkan kekecewaanya terhadap IUP pertambangan tersebut, karena saat salah satu pengusaha mencoba mengkonfirmasi hal ini kepada dirinya. Bupati Lingga langsung memanggil dua kepala SKPD terkait, yaitu Kepala Bappeda Lingga dan Kepala BPMP atau perizinan satu pintu. Anehnya Bappeda dan BPMP juga tidak tahu izin yang dikeluarkan oleh Distamben dan Bupati serta Pj Bupati tersebut.

"Waktu saya tanyakan kepada Kepala BPMP dan Bappeda, mereka mengaku tidak tahu menahu terkait izin tersebut," ungkapnya.

Bupati Lingga menambahkan, dirinya akan mempermudah semua perizinan bagi investor yang ingin berinvestasi di Kabupaten Lingga. "Bahkan akan saya berikan secara gratis perizinan tersebut tanpa ada pungutan apapun di luar pungutan resmi," ungkapnya.

Sebelumnya diketahui mantan Bupati Lingga dan Pj Bupati Lingga mengeluarkan 23 izin tambang yang bukan kewenangannya.

Editor: Dardani