Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tahun Ini, Batam Dapat Tambahan 45 Bus dari Pemerintah Pusat
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 17-03-2016 | 14:21 WIB
zulhendri.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Zulhendri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kota Batam akan kembali mendapatkan bantuan busway dari Pemerintah Pusat pada tahun ini sebanyak 45 unit bus yang akan diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Batam dengan tujuan untuk memberikan pelayanan transportasi yang aman, nyaman dan murah kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Zulhendri mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo berkomitmen menyiapkan 2,000 angkutan umum yang nyaman bagi mayarakat di seluruh Indonesia dan Kota Batam akan mendapatkan bantuan 45 unit dimana pada tahun sebelumnya juga telah mendapatkan bantuan sebanyak 15 unit.

"Sebenarnya kita dapat 65 unit tapi kita tidak sanggup karena biaya operasionalnya sangat tinggi jadi kita terima 45 unit saja," kata Zulhendri, Kamis (17/3/2016).

Karena menurutnya untuk biaya pengoperasiannya menjadi tanggung jawab Pemko. Dan pada bulan Mei mendatang, akan datang sekitar 15 unit bus besar yang nanti akan dioperasionalkan hanya di jalan protokol sedangkan untuk jalan yang kecil akan menggunakan bus berukuran medium.

Pemko Batam sangat menyambut baik bantuan tersebut mengingat misi Rudi-Amsakar yang ingin menciptakan angkutan umum nyaman dan aman bagi masyarakat Kota Batam.

"Tentu menyambut baik, karena Pak Wali juga mempunyai komitmen bahwa seluruh masyarakat Kota Batam harus terlayani oleh angkutan umum," katanya.

Jumlah penumpang sendiri juga terus mengalami peningkatan yaitu rata-rata per hari masyarakat umum yang menggunakan bus yaitu sekitar 2.000 orang, sedangkan untuk pelajar per harinya mencapai 1.000 siswa yang menggunakan angkutan umum pemerintah tersebut.

Selain itu, kedepan nantinya Dishub juga akan merangkul sopir angkot untuk dijadikan sopir bus namun tetap harus melalui seleksi dan menurutnya saat ini sudah waktunya untuk berbenah diri untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

Editor: Dodo