Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelantikan Bupati Karimun dan Natuna, akan Disesuaikan dengan AMJ
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 15-03-2016 | 12:22 WIB
pelan.jpg Honda-Batam
ilustrasi pelantikan Kepala Daerah (foto :ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelaksanan pelantikan Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim serta Bupati Natuna, Hamid Rizal dan Yuni Ngesti Suprati akan disuaikan dengan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati dan wakil Bupati tersebut.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kepri, Misni mengatakan, kendati masa pelaksanaan pelantikan dan SK penetapan dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Karimun dan Natuna itu belum diperoleh, namun Menteri Dalam Negeri mengisyaratkan, akan melantik Bupati Karimun dalam gelombang ke II, pelaksanaan pelantikan Bupati dan Walikota, hasil Pilkada serentak 2015 pada tanggal 23 Maret 2016 mendatang.

"Sepertinya Pemerintah Pusat akan menyesuaikan dengan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya," ujar Misni pada BATAMTODAY.COM, Selasa (15/3/2016).

Masa Akhir Jabatan Bupati Karimun, akan selesai pada Maret 2016 ini. Sehingga pelaksanaan pelantikan akan dilaksanakan secara serentak dengan Bupati dan Walikota lainnya, di gelombang ke II, pelaksanaan pelantikan secara serentak.

Sementara Bupati Natuna, Ilias Sabli dan Wakilnya akan berakhir pada Juni 2016 mendatang. Atas Dasar itu, pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Natuna, Hamid Rizal dan Yuni Ngesti Suprati, akan dilaksanakan pada gelombang ke III, pelaksanaan pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

"Kepastian Final sampai hari ini memang belum kita peroleh dari Mendagri. Namun kemungkinan, Bupati Karimun akan duluan dilantik pada 23 Maret 2016, sesuai dengan Masa Akhir Jabatan Bupati dan wakil Bupati sebelum-nya," ujarnya.

Untuk mengetahui tanggal pasti pelaksanaan pelantikan, Misni mengatakan, pihaknya selalu rutin meminta informasi ke Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

"Kalau sudah pasti turunnya telegram perintah pelaksanaan pelantikannya, nanti akan kami beritahukan dan kami juga terus melakukan koordinasi dengan Kemendagri," pungkasnya.

Editor : Udin