Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wanita Perokok Lebih Beresiko Terkena Penyakit Jantung
Oleh : sn
Senin | 15-08-2011 | 11:50 WIB
wanita_perokok.jpg Honda-Batam

Ilustrasi wanita perokok

BATAM, batamtoday - Wanita perokok lebih beresiko terkena penyakit jantung ketimbang pria perokok.

Wanita beresiko 25 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung dibandingkan pria perokok. Racun dalam asap rokok berpengaruh lebih buruk pada wanita, bahkan ketika mereka merokok lebih sedikit.

Hal ini didasarkan pada penelitian meta-analisis, dari 86 studi internasional yang melibatkan 2,4 juta orang. Bahkan, terbukti bahwa kesehatan wanita menjadi lebih buruk akibat merokok.

Tim peneliti, Dr Rachel Huxley dari University of Minnesota dan Dr Mark Woodward dari Johns Hopkins University, Baltimore, mengatakan, wanita perokok memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan pria perokok.

Menurut Rachel dan Mark, peningkatan risiko wanita dan pria ini menunjukkan perbedaan fisiologis antara keduanya. Dikatakan, berat badan dan pembuluh darah wanita yang lebih kecil adalah faktor kunci racun-racun dalam rokok diserap tubuh lebih banyak.

"Sebagai gambaran, wanita menyerap ekstrak karsinogen dan zat-zat beracun lainnya lebih besar dari jumlah batang rokok yang sama yang dikonsumsi pria. Ini menjelaskan mengapa wanita perokok dua kali lipat beresiko berpenyakit jantung dibandingkan pria," tulis para peneliti, seperti dikutip Dailymail, Senin 15 Agustus 2011.