Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Munaslub Golkar Bisa Memunculkan Konflik Baru
Oleh : Irawan
Minggu | 06-03-2016 | 12:15 WIB
aburizal bakrie.jpg Honda-Batam
Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Munaslub Partai Golkar hanya bisa terlaksana dengan sukses jika Aburizal Bakrie atau Ical sebagai pihak yang dimenangkan oleh Mahkamah Agung dapat mendistribusikan kursi elit pimpinan Partai Golkar kepada kubu Agung Laksono.


"Kalau tidak maka apa yang terjadi dalam konflik di tubuh Partai Golkar akan terulang lagi. Apalagi jika Ical membagi kursi hanya kepada kubunya, maka Munaslub tandingan sangat mungkin terjadi," ujar pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Syarif Hidayat, ketika dihubungi, Minggu (6/3/2016). 

Dia juga mengatakan jika Ical tetap menggunakan cara penyelenggaraan Munas di Bali, maka Munaslub tandingan kembali akan digelar Agung Laksono dan muncul masalah yang sama. 

"Kubu Agung tentunya akan membuat hitung-hitungan siapa mendapat apa. Kalau pihaknya sama sekali tidak mendapatkan apa-apa, dia akan kembali gelar Munaslub," tegasnya.

Aburizal sendiri menurutnya tidak bisa mengelak untuk menggelar Munaslub. Hal ini karena dari pihaknya sendiri telah muncul beberap kandidat ketua umum.

 "Jika Aburizal tidak jadi menggelar Munaslub, maka pengurus di pihaknya yang sudah siap maju sebagai ketum akan menekannya dan meninggalkannya," tandasnya. 

Editor: Surya