Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Langkah Bank Mandiri Batam Dukung UKM Hadapi MEA
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 01-03-2016 | 14:20 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Bank Mandiri Tbk mendukung Usaha Kecil Menengah (UKM) menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Taruna Hais, Micro Cluster Manager Bank Mandiri Batam mengatakan Mandiri menyalurkan KUR Retail dengan pinjaman sampai Rp200 juta. Sedangkan KUR Mikro Rp25 juta.

"Bunga untuk KUR sangat ringan hanya sebesar 4,8 persen per tahun," ujar Taruna dalam acara Diskusi Meningkatkan Daya Saing Pelaku UKM Batam Menghadapi MEA di Hotel Venesia, kemarin.

Ia mengakui ada beberapa kendala untuk mendapatkan pinjaman karena harus memiliki agunan senilai 30 persen berupa sertifikat. Padahal di Batam para pelaku UKM kebanyakan tinggal di kavling hanya memiliki surat alashak.

"Kendala lain pelaku UKM ternyata telah ada pinjaman modal di bank lain sehingga tidak bisa diakomodir," terangnya.

Sejauh ini, lanjut Taruna, portofolio mikro yang disalurkan oleh Bank Mandiri sampai Rp226 miliar, sedangkan untuk KUR Rp18 miliar sampai hari ini.

Selain itu, Bank Mandiri juga meminta dari Dinas UMKM agar mendorong kemudahan kredit menerbitkan Surat Keterangan Usaha (SKU) untuk memudahkan proses pinjaman.

"SKU salah satu syarat yang paling penting untuk pinjaman ke kita," ungkap Taruna.

Editor: Dodo