Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam 'Vacuum of Power', Agussahiman Diusulkan Penjabat Wali Kota
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 29-02-2016 | 12:37 WIB
agussahiman-dahlan-rudi.jpg Honda-Batam
Mantan Wali Kota Ahmad Dahlan berbincang dengan Wali Kota terpilih Rudi. Tampak Sekda Kota Batam, Agussahiman berada di samping Dahlan. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Belum adanya jadwal pelantikan Wali Kota Batam terpilih, Muhammad Rudi dan wakilnya Amsakar Achmad menyebabkan adanya vacuum of power di lingkungan Pemerintah Kota Batam setelah jabatan Wali Kota Ahmad Dahlan dan wakilnya Muhammad Rudi berakhir.

Namun, sebelum mengakhiri jabatannya Dahlan mengusulkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Agussahiman untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut agar pemerintahan bisa terus berjalan.

"Pemerintahan kan tidak boleh kosong, saya sudah mengirimkan surat kepada Gubernur, kita mengusulkan Pak Sekda," kata Dahlan usai memimpin apel pagi, Senin (29/2/2016).

Sementara, Aggussahiman mengatakan sampai hari ini Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Kepri, belum disampaikan kepada Pemko Batam, sehingga ia mengaku belum mengatahui apakah akan menjadi Pelaksana tugas (Plt) atau Pelaksana harian (Plh).

"Tapi saya inginnya jadi Plh saja dibanding Plt, karena repot kalau Plt," kata Agussahiman.

Agussahiman menjelaskan, ia lebih nyaman diangkat menjadi Plh, karena sudah pernah menjalaninya. Selain itu apabila didaulat menjadi Plt, banyak tahapan yang harus dijalaninya. Salah satunya harus dilantik.


Selain itu, ia juga mengaku masih menunggu SK dari Gubernur tersebut, sehingga ia belum bisa memastikan kapan pihaknya dilantik untuk mengisi kekosongan jabatan Wali Kota Batam.

"Konfirmasi ke Gubermur lah, karena ada di sana kapan akan turun ke kita," katanya.

Namun kendati belum ada SK dari Gubernur, ia memastikan tidak akan persoalan di Pemko Batam, Agussahiman juga memastikan bahwa seluruh SKPD akan tetap berjalan seperti biasanya.

Editor: Dodo