Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov akan Tunjuk Sekda sebagai Penjabat Walikota Batam
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-02-2016 | 13:30 WIB
agus_sahiman.jpg Honda-Batam
Pemprov Kepri akan tunjuk Sekdako sebagai Pj Walikota Batam (Foto : dok batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menunjuk Sekretaris Daerah Kota Batam, Agus Sahiman sebagai Pelaksana Tugas Walikota Batam hingga pasangan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad dilantik.

"Kami akan tunjuk Sekdako sebagai pelaksana tugas sampai pelantikan serentak gelombang kedua," kata Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Pemprov Kepri.

Meski begitu, ia masih belum memastikan jadwal pelantikan gelombang kedua, karena masih menanti kabar dari Kementerian Dalam Negeri.

"Jadwal pelantikan serentak masih menunggu radiogram Mendagri. Belum pasti apa dilaksanakan akhir Maret atau akhir April," katanya.

Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Batuaji, Kamis (24/2/2016)lalu, Calon Wali Kota Batam Terpilih Muhammad Rudi menyatakan masih belum mendapatkan informasi resmi mengenai jadwal pelantikan dirinya. Namun, kemungkinan pelantikan dilakukan mengikuti jadwal pelantikan serentak gelombang kedua, pada April 2016.

"Pelantikannya kemungkinan April. Nanti akan ditunjuk Pelaksana Tugas," katanya.

Masa jabatan pasangan Walikota dan Wakil Walikota Batam 2011-2016, Ahmad Dahlan dan Muhammad Rudi habis pada 1 Maret 2016 mendatang.

Ditemui pekan lalu, Muhammad Rudi mengaku belum mempersiapkan untuk pelantikannya kelak, termasuk baju yang akan dikenakannya saat pelantikan nanti. Bahkan, Rudi berencana mengenakan baju yang sama dengan saat dilantik sebagai Wakil Walikota lima tahun lalu.

"Baju tidak dijahit, karena masih ada, masih muat juga. Dari saat dijahit dulu, baru enam kali dipakai, saat pelantikan dan setiap 17 Agustus," kata dia.

Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad ditetapkan sebagai pasangan kepala daerah terpilih setelah mengumpulkan suara lebih dari 60 persen dalam Pilkada 2015.

Kini Rudi menjabat sebagai Wakil Walikota Batam, sedangkan Amsakar Achmad menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Energi dan Sumber Daya Mineral, sebelum mengundurkan diri untuk maju dalam Pilkada. Sumber : Antara

Editor : Udin