Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebelas Penerbangan Dibatalkan Hingga Maret Mendatang
Oleh : Hadli
Jum'at | 26-02-2016 | 08:33 WIB
bandara-hang-nadim_20150905_122148.jpg Honda-Batam
ilustrasi keberangkatan pesawat di Bandara Hang Nadim Batam (foto : ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebelas penerbangan dari Bandara Internasionl Hang Nadim Batam sejak Kamis (25/2/2016), batal diberangkatkan. Pembatalan tersebut akibat merosotnya jumlah pengguna transportasi udara di pelabuhan udara tersebut.

"Empat penerbangan Citilink batal, sementara Lion Air ada tujuh penerbangan yang batal," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso melalui sambungan telphone.

Adapun penerbangan yang dibatalkan yakni Citilink yang melayani rute Soekarno Hatta-Batam, Surabaya-Batam, Batam-Padang dan Batam-Medan.

Sedangkan Lion Air yang melayani rute Soekarno Hatta-Batam dua penerbangan, Batam-Pekanbaru, Kuala Namu -Batam-Padang, Aceh-Batam, Padang-Batam-Kuala Namu, Batam-Bengkulu dan Solo-Batam.

"Kondisinya memang sepi sejak liburan imlek. Jadi yang punya jadwal lebih dari sekali, dilakukan pengurangan atau pemadatan jadwal untuk mensisasati agar kursi banyak terisi," terangnya. 

Menurut Suwarso, beberapa hari terakhir penurunan penumpang pada hari-hari biasa mencapai sekitar 20 persen. "Yang biasanya diatas 7.000 orang yang pergi perhari, namun saat ini hanya diatas 5.000 orang saja. Kecuali Minggu yang masih bisa mencapai sekitar 8.000 orang yang meninggalkan Batam," kata Suwarso.

Kondisi tersebut, diperkirakan akan terus terjadi sampai akhir Maret, mengingat tidak ada masa liburan  panjang. "Kondisi ini tidak bisa dihindari oleh maskapai-maskapai yang beroperasi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam," pungkasnya.


Editor : Udin