Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rudi Harus Merotasi Kepala SKPD
Oleh : Ahmad Rohmadi
Selasa | 23-02-2016 | 20:02 WIB
rudi_wawako.jpg Honda-Batam
Walikota Batam terpilih, Rudi (foto : dok batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Terpilih menjadi Walikota Batam, Rudi dan Wakilnya, Amsakar Achmad diharapkan mampu menyelesaikan semua permasalahan di Batam selama lima tahun mendatang.

Namun hal tersebut dinilai akan sulit tercapai jika Rudi masih mempertahankan Kepala Dinas yang kini menjabat di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang akan membantunya bekerja.

Karena itu, anggota Komisi I DPRD Batam, Harmidi Umar Husein meminta agar Walikota Batam terpilih nantinya bisa merotasi para Kepala Dinas, yang sudah lama menjabat ataupun yang dinilai tidak mampu mengemban jabatan tersebut.

"Kita butuh penyegaran, tidak bisa kalau orang-orang itu dipertahankan. Pak Rudi harus pilih orang yang benar bisa bekerja," kata Harmidi, Selasa (23/2/2016).

Dia katakan, Kepala Dinas yang dinilai harus diganti diantaranya adalah Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) M Sahir, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Muslim Bidin, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Gustian Riau.

Kemudian, Dinas Tata Kota (Distako), Asril yang menurutnya tidak mampu menjalankan tugasnya sebagai Kepala Dinas. Meskipun belum lama dilantik menggantikan Gintoyono tersebut.

"Distako juga harus diganti menurut saya, karena banyak permasalahan di masyarakat yang tidak diakomodir sama dia," katanya.

Selain itu, kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Zulhendri katanya, juga harus menjadi orang yang pertama diganti. Karena tidak mampu menyelesaikan permalasalahan di Dishub Kota Batam. Salah satunya persoalan parkir yang tak kunjung beres.

Sementara Walikota Batam terpilih, Rudi mengatakan bahwa pihaknya baru bisa merotasi, usai enam bulan dilantik menjadi Walikota Batam, dan saat ini katanya belum memikirkan arah perotasian Kepala Dinas.

"Dalam aturan kan sudah jelas, kita tidak bisa merotasi sampai enam bulan kedepan," katanya.

Kemudian, sampai hari ini Rudi mengaku juga belum menerima pemberitahuan, kapan pihaknya dilantik dan resmi menggantikan Ahmad Dahlan menjadi Walikota Batam.


Editor : Udin