Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Toilet Setengah Miliar untuk Dipakai Tiga Hari Putri Thailand di Kamboja
Oleh : Redaksi
Selasa | 23-02-2016 | 09:38 WIB
thailand by reuters.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Putri Maha Chakri Sirindhorn. (Foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, Manila - Putri Maha Chakri Sirindhorn berada di Kamboja selama tiga hari dan satu hari dihabiskan di Ratanakiri.


Sebuah toilet dibangun dengan biaya sekitar Rp536 juta untuk seorang putri kerajaan Thailand dalam kunjungan selama tiga hari ke Kamboja.

Toilet itu berada di dalam sebuah gedung yang dibangun khusus dengan mesin penyejuk AC yang terletak di samping sebuah danau, tempat Putri Maha Chakri Sirindhorn memulai lawatannya. Begitu putri menyelesaikan lawatannya maka toilet akan diambil dan gedungnya dijadikan sebagai kantor.

Danau Yeak Laom tersebut terletak di Ratanakiri, salah satu provinsi yang terbelakang di Kamboja.

Laporan-laporan menyebutkan pembangunan toilet berukuran delapan meter persegi memerlukan waktu 19 hari untuk sang putri yang hanya akan berada di provinsi Ratanakiri selama satu hari.

Dibangun oleh sebuah perusahaan Thailand, toilet menggunakan lantai tegel berwarna putih, pegangan berwarna perak, dengan mesin penyejuk ruangan. Namun belum jelas pihak mana yang membiayai pembangunannya.

PBB memperkirakan enam juta lebih warga Kamboja dari total sekitar 15 juta penduduknya menghadapi kekuarangan air bersih dan sanitasi mendasar. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani