Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mulai 3 Maret, Citilink Indonesia Terbangi Rute Medan-Banda Aceh
Oleh : Hadli
Senin | 22-02-2016 | 16:22 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah sebelumnya membuka banyak rute di tahun 2015 lalu, pada awal tahun 2016 ini maskapai Citilink Indonesia kembali mengembangkan sayapnya dengan rute penerbangan langsung Medan tujuan Tanah Rencong Aceh. 

"Rute baru Bandara Kualanamu Medan tujuan Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh akan dibuka pada 3 Maret 2016 mendatang," kata Area Manager Sumatera - Kalimantan PT Citilink Indonesia R. Hendra JS kepada BATAMTODAY.COM, Senin (22/2/2016). 

Rute Citilink Indonesia sebelumnya melayani Jakarta (Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur maupun Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng) Medan sebaliknya. Sehingga dengan pembukaan ini calon penumpn dari Jakarta bisa ke Aceh melalui Kuala Namu.

"Saat ini dari Cengkareng atau Halim bisa ke Aceh via Kualanamu, dan sebaliknya dari Aceh juga bisa ke Halim atau Cengkareng via Kualanamu. Transit di Medan 30 menit sampai satu jam, apabila ke Halim itu masih pesawat yang sama, namun jika ke Cengkareng ganti pesawat,” jelasnya.

Ia menuturkan, layanan penerbangan Medan-Banda Aceh-Medan dilayani dengan frekuensi satu kali dalam sehari menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi. 

Menurut Hendra, pembukaan rute penerbangan Medan-Banda Aceh langsung dikarenakan permintaan penumpang pada rute penerbangan tersebut cukup besar. 

"Secara umum targetnya adalah wisatawan, pebisnis, dan kunjungan keluarga," tutur dia.

Harga yang ditawarkan untuk penerbangan kedua rute tersebut tergolong murah yakni Rp 290.000 dan Diskon 25 persen untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun serta jadwal keberangkatan dari Kualanamu - Banda Aceh pukul15.40. Banda Aceh-Kualanamu pukul  17.15 WIB.

Maskapai Citilink merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia yang khusus berbiaya rendah yang setiap tahunnya semakin berkembang membuka rute penerbangan wilayah Indonesia Bagian Barat dan Timur. 

Editor: Dodo