Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pesona Telunas Beach Karimun

Irama Decak Kagum Luluhkan Penat Keseharian
Oleh : Nursali
Jum'at | 19-02-2016 | 14:32 WIB
telunas ok.jpg Honda-Batam
Indahnya pesona Telunas Karimun (Foto : ist)

BERPELESIR ke Provinsi Kepri maka yang terpikirkan oleh wisatawan adalah pesona Pulau Bintan yang memang sudah sangat tersohor. Tapi tahukah Anda bahwa masih ada tempat yang tidak kalah menawan di provinsi yang bersebelahan dengan negara Singapura ini? Berikut penelusuran wartawan BATAMTODAY.COM, Nursali.

Telunas Resort. Ya, nama resort satu ini memang belum dikenal banyak orang. Usianya pun masih terbilang muda, diresmikan sejak tahun 2004. Meski begitu, pesona yang disuguhkannya mampu membuat mulut berdecak kagum.

Sebuah resort di pulau kecil dengan fasilitas bintang lima. Telunas Resort terletak di wilayah Kabupaten Karimun atau tepatnya di sebuah pulau kecil bernama Sugi di wilayah Kecamatan Moro. Sebuah pulau yang diapit oleh Pulau Batam dan daratan Sumatera. Berjarak hanya satu jam perjalanan dari Batam dengan menggunakan feri. Dan tentunya juga sangat dekat dari negara Singapura yang bertetanggaan dengan pulau industri itu.

Wisatawan yang berkunjung ke Telunas Resort umumnya didominasi oleh turis mancanegara, khususnya para ekspatriat dari Singapura Malaysia, dan Batam sendiri. Selain itu, sekolah-sekolah internasional yang berada di Singapura, Malaysia, bahkan Batam, juga sering menjadikan resort ini sebagai lokasi untuk melakukan aktifitas outbond.

"Jadi, wajar saja, mengingat sistem pembayarannya mengacu pada kurs dolar Singapura. Sehingga pangsa pasar wisatawan lebih difokuskan pada pelancong dari luar negeri".

Telunas merupakan sebuah eco-resort yang sangat direkomendasikan untuk disambangi. Tenang, jauh dari hiruk-pikuk aktifitas manusia. Laut biru kehijauan nan jernih membuat mata terasa segar melihatnya. Sejauh mata memandang hanya tampak gugusan pulau-pulau yang diselimuti pepohonan hijau. Pesona Indonesia yang menjadi ciri khas negeri ini.

Bangunan di Telunas sengaja dikonsep terkesan tradisional, dengan bahan kayu berkualitas, yang didominasi warna cokelat tentunya, tak terkecuali bagian atap yang terlihat alami khas rumah kampung.

Terletak tak jauh dari bibir pantai, hamparan laut yang tergenang tenang dibawahnya membuat bangunan itu terlihat seperti mengapung.

Lihat saja lantainya yang meski berbahan kayu, namun tak ada kotoran sedikit pun, bahkan debu pun seperti enggan menyentuhnya. Tangga kayu yang selalu tersentuh air, tidak pernah dihinggapi lumut, hanya terselip barnacle dan remis pada bagian pondasinya yang memang merupakan biota alami.

'Don't judge people by the cover'. Istilah ini juga berlaku bagi Telunas Resort, meski bagian luarnya dikonsep ala rumah kampung. Namun, begitu memasuki bagian dalam, suguhan elegan akan semakin terasa.

Ornamen-ornamen nan artistik memenuhi di beberapa sudut ruangan. Tempat tidur nan empuk dengan balutan sprei putih nan bersih siap memanjakan tidur. Kamar mandi dengan sistem spotless, mampu meredam aroma tak sedap.

Hamparan pantai nan panjang, landai, dan diselimuti pasir putih senantiasa bebas dari sampah. Sangat bersih. Bagaimana tidak, setiap pagi petugas kebersihan sudah bergerak untuk membersihkannya.

Pengelolaan sampah juga menjadi perhatian khusus di resort ini. Khusus sampah yang bisa didaur ulang, maka akan dikirim ke Pulau Batam untuk diolah kembali.

Disini juga tersedia fasilitas olahraga berupa lapangan sepakbola, lapangan voli, dan padang rumput yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas.

Para pekerja di Telunas Resort didominasi oleh warga pulau setempat. Seperti waitress, resepsionis, petugas kebersihan, sekuriti, dan lain lain. Hanya saja, untuk posisi pemandu atau guide masih menggunakan jasa orang luar pulau tersebut, hal ini dikarenakan tingkat kemampuan bahasa inggris warga setempat yang belum 'terasah' dengan baik.

Bagi warga Indonesia yang penasaran untuk mencoba sensasi Telunas Resort bisa memesannya secara online melalui situs telunasresorts.com. Untuk wilayah Indonesia, titik keberangkatan hanya ada di Pulau Batam, tepatnya melalui pelabuhan Sekupang. Sepanjang perjalanan akan disuguhkan berupa panorama alam berupa gugusan pulau hijau nan perawan.

Editor : Udin