Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Taufik Tolak Pecat Fahri Hamzah

Majelis Syuro Kaget Taufik Ridho Mundur dari Sekjen PKS
Oleh : Irawan
Rabu | 17-02-2016 | 20:10 WIB
Hidayat.jpg Honda-Batam
Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Majelis Syuro PKS mengaku kaget atas mundurnya Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS Taufik Ridho dari jabatannya yang terkesan mendadak.


Sebab, Taufik selema ini dinilai tidak memiliki masalah di internal PKS, berbeda dengan Wakil Ketua. DPR Fahri Hamzah yang kini dipersoalkan PKS dibawah pimpinan Sohibul Iman.

"Kami kaget menerima surat dari Pak Taufik Ridho yang ditulis Senin diterima Selasa. Kami sendiri di pks selama ini tidak punya masalah dengan Pak Taufik," kata Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS di Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Taufik, kata Hidayat, mengaku pengunduran dirinya tidak ada tekanan dari pihak manapun. Namun, diduga pengunduran diri Taufik karena menolak meneken pembentukan Mahkamah Partai yang diminta Menkumham Yasonana H Laoly, karena akan digunakan untuk memecat Fahri Hamzah dari partai dan DPR.

"Langkah mundur yg dilakukan Pak Taufik ini sejarah baru di PKS belum  pernah ada sebelumnya," ungkap Hidayat.

Pengunduran diri Taufik, lanjutnya, akan dibahas oleh Majelis Syuro PKS. Jika ditolak, maka Taufik tetap sebagai Sekjen PKS. Namun jika diterima, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Jufri Assegaf memiliki hak perogratif untuk menunjuk Sekjen baru pengganti Taufik Ridho.

Secara pribadi, Hidayat tidak bisa menerima alasan Taufik mundur dari Sekjen karena alasan bisnis. Hidayat menilai alasan itu, bukan alasan prinsip yang bisa jadi dasar alasan atau alibi dia mundur dari Sekjen PKS.

"Sebenarnya bukan alasan yang prinsip, dia tidak harus mundur. Tapi kami menghargai, kedepan saya berharap Pak Taufik tetap di PKS," katanya.

Hidayat menegaskan, mundurnya Taufik Ridho dari Sekjen PKS, bukan upaya untuk membersihkan orang-orang Anis Matta, mantan Presiden PKS.

"Nggak ada istilah bersih-bersih di PKS. Mengenai orang-orang Pak Anis yang sekarang tidak mendapatkan jabatan secara organisasi biasa saja," katanya.

Hidayat juga menampik pengunduran diri Taufik berkaitan dengan masalah Fahri Hamzah. 

"Kalo masalah Pak Fahri Hamzah masih diproses, sementara Pak Taufik mengundurkan diri," katanya.
Wakil Ketua Majelis Syuro berharap masalah Fahri dan Taufik tidak mempengarungi solidaritas dan ketaatan kader pada partai.

"Mudah-mudahan tidak ada gejolak, tapi kalau terjadi gejolak, maka itu manusiawi.Tapi kader secara prinsip tetap solid, suasana kekeluargaan di PKS masih terjaga," kata mantan Presiden PKS ini.

Editor : Surya