Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Taufik Ridho Mundur dari Sekjena karena Tak Bisa Lagi Kerja untuk PKS
Oleh : Irawan
Rabu | 17-02-2016 | 19:30 WIB
Taufik Ridho.jpg Honda-Batam
Sekretaris Jenderal PKS Taufik Ridho

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Taufik Ridho memutuskan mengundurkan diri dari jabatan sebagai Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Surat pengunduran diri tersebut sudah masuk ke Majelis Syuro PKS.

"Ya seperti yang beliau akui, beliau mengirimkan surat ke Majelis Syuro tentang permintaan pengunduran dirinya. Kemudian, sudah diterima oleh Ketua Majelis Syuro dan Pak Sohibul juga sudah tahu," kata Wakil Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (17/2/2016)

Hidayat mengatakan, sebagaimana mestinya surat pengunduran diri itu sesuai dengan AD/ART partai, mengingat penunjukkan posisi sekjen berasal dari usulan dan juga melalui forum sidang Majelis Syuro.

"Makanya kalau kemudian ada sesuatu hal yang baru itu disampaikan ke Majelis Syuro," ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR itu.

Hidayat mengungkapkan, meskipun surat itu sudah masuk ke Majelis, namun tidak serta merta pengunduran diri tersebut sudah sah. Pasalnya, proses pengunduran diri tersebut masih harus melalui beberapa proses di Majelis Syuro. Ia juga tidak menutup kemungkinan jika pengunduran diri tersebut bisa tidak disetujui.

"Ya, opsi itu terbuka untuk tidak setuju, terkait dengan pengangkatan presiden partai, sekjen, bendahada umum, ketua MPP, ketua dewan syariah itu, Majelis Syuro memang melalui hak prerogatif Ketua. Ketua MS nanti akan menyampaikan adanya surat itu, dan anggota akan memberikan tanggapan, Kita lihat bagaimana nanti," jelasnya.

Sementara disinggung mengenai alasan pengunduran diri Taufik, Hidayat enggan mengomentari lebih jauh. Sepengetahuannya, pengunduran diri itu dilakukan sudah dipikirkan secara matang.

"Soal alasan dan lain sebagainya, Pak Taufik sendiri yang berhak menyampaikan, apakah nanti akan diterima atau tidak diterima, pada saat itulah nanti semuanya akan menjadi clear dan final," ujarnya.

Ia berharap persoalan mundurnya Sekjen partainya tersebut bisa diselesaikan secara baik.

"Sesungguhnya persoalan internal kami, kami selesaikan dengan baik-baik, setahu saya Pak Taufik ini orang yang baik-baik dan baik baik saja dengan kami di dewan pimpinan tingkat pusat," katanya.

Sementara itu, Taufik Ridho mengatakan, alasan pengunduran diri tersebut dikarenakan kesibukan bisnis, yang membuat Taufik mengaku tidak bisa sepenuhnya bekerja untuk partai.

Taufik ingin mengundurkan diri untuk memberi kesempatan kepada kader muda PKS untuk masuk dalam struktur pengurus pusat.

Ia tidak menyebut ada permasalahan internal di balik pengunduran dirinya itu. 

"Keinginan mundur sudah sejak lama, ingin ngasih kesempatan buat yang lebih muda," kata Taufik.

Meski demikian, pengunduran diri Taufik tidak otomatis berlaku. Ada mekanisme internal PKS yang harus dilalui sampai surat pengunduran diri itu diputuskan secara resmi oleh pimpinan partai. 

Editor: Surya