Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Vitamin A Gratis untuk 200 Balita
Oleh : gokli/ sn
Selasa | 09-08-2011 | 19:49 WIB
posyandu.JPG Honda-Batam

PKP Developer

Pengurus Posyandu Dahlia. batamtoday/ gokli

BATAM, batamtoday - Posyandu Dahlia memberikan Vitamin A gratis kepada bayi usia di bawah lima tahun (Balita). Posyandu di RT01/RW06 Kelurahan Sungailekop, Sagulung, itu bagi-bagi vitamin dalam rangka mewujudkan Desa Siaga.

Acara yang berlangsung Sabtu 6 Agustus 2011, dihadiri oleh Lurah Sungailekop Agusalim dan Kepala Puskesmas Sungailekop dr Nevri.

"Kita mengharapkan supaya kegiatan ini berjalan lancar, karena merupakan salah satu wujud menuju Desa Siaga. Selain itu, pemberian vitamin A ini juga sagat perlu bagi kesehatan Balita kita," ungkap Agusalim dalam kata sambutannya.

Posyandu menjadi salah satu syarat untuk mewujudkan Desa Siaga. Posyandu Dahlia adalah salah satu persyaratan Sagulung Berseri menjadi Desa Siaga di Kota Batam.

"Pemberian Vitamin A ini merupakan program Posyandu, namun Posyandu ini merupakan program menuju Desa Siaga,"ujar Sumiati selaku ketua Desa Siaga.

Pemberian Vitamin A gratis ini, disambut dengan antusias oleh warga. Sekitar 200 Balita dari 272 Balita di desa tersebut, dihadirkan.

"Kita merasa puas, acara ini berjalan lancar, kedepannya kita berharap dapat menjalankan program ini dengan lebih baik lagi," terang ibu Arbi selaku ketua Posyandu.

Para warga yang hadir mengaku sangat berterima kasih, selain Balita mereka mendapat Vitamin A gratis, desa mereka juga menjadi salah satu Desa Siaga. "Mudah-mudahan dengan adanya Desa Siaga ini, masyarakat di sini semakin mengerti dan sadar akan kesehatan," ujar salah satu ibu berambut sebahu, yang namanya enggan untuk disebutkan.

Sumiati menerangkan, program yang akan dilaksanakan dalam mewujudkan Desa Siaga adalah 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga.

PHBS di Rumah Tangga yang dimaksud adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

Sepuluh PBHS di Rumah Tangga, ialah Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberi ASI ekslusif, Menimbang Balita setiap bulan, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik nyamuk demam berdarah sekali seminggu, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan Tidak merokok di dalam rumah.