Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemana Para Penggemar Batu Akik Batam
Oleh : CR-212
Rabu | 03-02-2016 | 17:48 WIB
IMG_20160203_105307.jpg Honda-Batam
Batu akik koleksi Angga yang dijual di BCS Mall Batam. (Foto: Firdaus)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tahun 2015 lalu adalah masa jayanya para pebisnis batu di seluruh tanah air. Dengan usaha ini dapat menghasilkan miliaran rupiah. Sehingga orang berbondong-bondong membuka usaha batu akik.

Berbagai jenis batu didatangkan dari seluruh penjuru Indonesia seperti, giok dari Aceh, rafflesia dari bengkulu dan berbagai jenis batu klawing dan pancawarna yang terkenal dari Pulau Jawa. Ada juga sebagian batu dari dalam negeri ini ada yang diekspor ke luar negri.

Namun, masa kejayaan bisnis atu akik itu tidak bertahan lama. Sejumlah pasar akik dan gemstone di negri ini mengalami penurunan penjualan. Begitu pula dengan para peminat batu akik, menghilang entah kemana. Contohnya di Pasar Batu Nusantara Raya BSC Mall Batam, yang sepi pengunjung. 

"Memang selepas Idul Fitri tahun lalu, peminat batu akik mulai menurun secara perlahan. Itu karena banyak faktor. Misalnya, sebagian orang membeli batu akik cuma karena ikut-ikutan trend," jelas Angga, seorang ahli gemstone batu akik di BCS Mall Batam.

"Saat ini pembeli batu akik adalah orang yang benar-benar hobi dan cinta pada batu akik. Mereka memiliki batu dengan harga jutaan hingga puluhan juta itu biasanya mengikuti pameran-pameran atau kontes. Jika batu tersebut mendapat peringkat, itu bisa menjadikan harga batu berlipat ganda atau lebih," tambah Angga Rabu (3/2/2016)

Dari sekian banyak hobi, mengoleksi batu akik merupakan hobi yang memakan banyak biaya, juaan hingga puluhan juta.

Bagi pecinta akik, dapat menemukan berbagai macam batu di Pasar Batu Nusantara Raya di BSC Mall Batam, atau bisa menghubungi Angga di nomor 08535653278. 

Editor: Dardani