Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Toyota Resmi Kuasai Seluruh Saham Daihatsu
Oleh : Redaksi
Senin | 01-02-2016 | 11:33 WIB

BATAMTODAY.COM - Rencana Toyota Motor Corporation (TMC) menguasai seluruh saham Daihatsu, akhirnya disampaikan secara resmi. Proses akuisisi seluruh saham Daihatsu, dijadwalkan berakhir Agustus 2016. Strategi utama dari kedua entitas merek pun disampaikan ke publik.

“Ini kesempatan bagi kami berdua untuk merasa, bahwa perlu percaya satu sama lain, mengambil keuntungan penuh dari kekuatan masing-masing. Dengan kata lain, kita sekarang dapat fokus pada kompetensi inti. Saya percaya, ini adalah kunci untuk mencapai dan mempertahankan daya saing global, serta melanjutkan pertumbuhan hingga 100 tahun ke depan,” kata Akio Toyoda, Presiden Toyota, dalam pernyataan resminya seperti dilansir dapurpacu.com.

Strategi bersama ini, membawa kedua entitas pada sebuah tujuan pengembangan teknologi, dan fokus ke pengembangan produk yang lebih kompetitif skala global. Terutama segmen mobil kompak.

Dengan demikian, termaktub tiga metanarasi utama. Pertama, ekspansi mobil kecil. Di sini, Daihatsu sebagai anak perusahaan akan menjadi pemimpin pengembangan produk dan teknologi di dalamnya, dari kedua merek, untuk lineup mobil kecil.

Kedua, teknologi. Keduanya akan berbagi strategi pengembangan dan penyebaran teknologi baru. Toyota akan fokus pada hal lingkungan, keselamatan, pengalaman pengguna, dan kenyamanan.

Sementara, Daihatsu di sisi lain lebih pada membuat paket dengan pengembangan pada teknologi efesiensi bahan bakar, dan penekanan pada biaya murah.

Terakhir, pemanfaatan potensi dan basis masing-masing dari operasi kedua perusahaan di negara berkembang. Keduanya akan saling mengisi, dan berbagi kemampuan untuk meningkatkan daya jual kedua merek.

Sumber: dapurpacu.com