Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pilpres Singapura, FTCA Resmi Dukung Tony Tan
Oleh : Magid
Selasa | 09-08-2011 | 12:04 WIB
tony-tan.jpg Honda-Batam

Dr Tony Tan, mantan Wakil Perdana Menteri Singapura yang maju sebagai calon Presiden pada pemilu 27 Agustus 2011 mendatang. (Foto: Singcount)

SINGAPURA, batamtoday - Menjelang pemilihan presiden Singapura pada 27 Agustus 2011 mendatang, sejumlah organisasi sudah mulai memunculkan dukungan. Kali ini giliran, The Federation of Tan Clan Assosiations (FTCA) mempublikasikan calon yang akan didukung, mengingat ada sejumlah nama kandidat presiden dari keluarga Tan.

Seperti diberitakan Todayonline Singapura, Selasa, 9 Agustus 2011, FCTA secara resmi mendukung mantan Wakil Perdana Menteri Tony Tan untuk menjadi Presiden Singapura. Dukungan tersebut muncul setelah sebelumnya ikatan keluarga Tan ini melakukan dialog tertutup selama 45 menit guna membahas mengenai visi dan misi Tony Tan kedepan.

"Kami berharap Dr Tony Tan mampu memberikan yang terbaik untuk Singapura," ujar Sekretaris Jenderal FTCA, Tan Lian Ker.

Dalam pemilu Presiden Singapura 2011 kali ini memang cukup penting bagi keluarga Tan. Dari sejumlah calon yang maju, pemilik marga Tan ternyata mendominasi, diantaranya mantan anggota parlemen, Tan Cheng Bock, mantan Kepala NTUC Tan Kin Lian, dan Tan Jee Say.

Ketika ditanya mengenai calon Presiden lainya yang juga bermarga Tan, Sekjen FTCA Tan Lian Ker menegaskan bahwa federasi tidak membedakan nama-nama calon presiden itu. Hanya saja pilihan jatuh pada Tony Tan lantaran mantan Wakil Perdana Menteri ini merupakan penasehat FTCA.

"Mereka semua memiliki kemampuan, meski sebenarnya, kita tidak ingin terlibat, tetapi Dr Tony Tan adalah penasihat kehormatan kita sehingga ketika Ia datang ke pertemuan itu dan meminta dukungan, tentu harus kita lakukan," kata Sekretaris Jenderal FTCA, Tan Lian Ker.

Dukungan yang diberikan FTCA tersebut lansung disambut baik Tony Tan. Menurutnya, dukungan organisasi seperti ini sangat diperlukan, mengingat kemenangan dirinya bukan hanya kemenangan pribadi, tapi kemenangan rakyat Singapura khususnya keluarga Tan.

Dia juga menegaskan keyakinannya bahwa asosiasi klan memiliki peran penting dalam masyarakat Singapura karena mereka merupakan perpanjangan dari keluarga dan memberikan bantuan untuk anggota.

"Mereka memberikan ketahanan, persatuan, mempersatukan kita bersama untuk melewati krisis yang terjadi," tambahnya.

The Federation of Tan Clan Associations (FTCA) adalah organisasi pemilik marga Tan di Singapura. Sampai dengan hari ini, organisasi ini memiliki sekitar 10 ribu anggota dan merupakan gabungan dari 18 asosiasi Clan yang berbeda di Singapura.