Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amzulian Rifai Terpilih sebagai Ketua Ombudsman RI Periode 2016-2021
Oleh : Surya
Jum'at | 29-01-2016 | 13:19 WIB
Amzulian Rifai.jpg Honda-Batam
Ketua Ombudsman RI Periode 2016-2021 Amzulian Rifai

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Amzulian Rifai sebagai Ketua Ombudsman RI 2015-2021 menggantikan Ketua Ombudsman Danang Girindrawardana. Sedangkan Pelitasari Soebekti menjadi Wakil Ketua Ombudsman.


Terpilihnya Amzulian Rifai sebagai Ketua Ombudsman RI Periode 2015-2021, setelah Komisi II melakukan musyawarah mufakat yang melakukan seleksi calon anggota Ombusdman.
Komisi II DPR juga telah memilih 9 anggota Ombudsman RI Periode 2015-2021 melalui musyawarah mufakat 10 fraksi, Kamis (28/1/2016) malam.

"Kita menilai secara objektif, musyawarah mufakat secara baik dari masing-masing fraksi," kata Rambe Kamarul Zaman, Ketua Komisi II DPR di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Rambe menegaskan, pemilihan menuturkan pemilihan sembilan anggota anggota berikut Ketua dan Wakil Ketua Ombudsman ditentukan secara musyawarah, bukan voting. 

Rambe mengatakan, 9 nama tersebut dipiliih dari 18 nama yang disampaikan ke DPR untuk diseleksi.

Anggota Ombudsman yang terpilih harus punya pengalaman di bidang hukum dan pelayanan publik minimal 15 tahun dan harus sarjana. 

"Prof Amzulian dipilih menjadi Ketua karena memang pemahaman hukumnya lebih daripada yang lain. Dia adalah dekan Fakultas Hukum Unsri, guru besar, dan komisaris suatu perusahaan," kata Rambe.

Semua anggota Ombudsman terpilih harus mundur dari jabatan sebelum menjadi anggota Ombudsman. 

"Mudah-mudahan para anggota Ombudsman yang baru ini bisa bekerja dan melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik,” katanya.

Rencana hasil seleksi pimpinan dan anggota Ombusdman RI Periode 2016-2021 akan dilaporkan ke Rapat Paripurna DPR pekan depan, sebelum disampaikan ke Presiden Jokowi.

"Kita akan laporkan di rapat paripurna DPR, Selasa (2/2/2016) pekan depan. Kemudian diajukan ke Presiden untuk dilantik," katanya.

Setelah itu, mereka akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Mereka akan mulai bekerja pada 17 Februari 2016, bertepatan dengan habisnya masa jabatan anggota Ombudsman saat ini. 

Adapun kesembilan nama yang terpilih adalah sebagai berikut:
1. Adrianus Meliala (kriminolog/anggota Kompolnas)
2. Ahmad Alamsyah Saragih (mantan Ketua Komisi Informasi)
3. Ahmad Suaedy (mantan Direktur Eksekutif The Wahid Institute)
4. Alvin Lie (PAN/pakar penerbangan)
5. Amzulian Rivai (Dekan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya) - menjadi Ketua  
6. Dadan Suparjo (peneliti/ konsultan tata pemerintahan dan layanan publik)
7. Laode Ida (mantan pimpinan DPD)
8. Lely Pelitasari (mantan Direktur Bulog)
9. Ninik Rahayu (staf ahli hukum ASAHI)

Editor : Surya