Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singapura Peringkat 8 Negara Bebas Korupsi
Oleh : Redaksi
Jum'at | 29-01-2016 | 12:54 WIB

BATAMTODAY.COM - Singapura, negara kota yang dekat dengan Kota Batam, menempati peringkat 8 dalam daftar negara bebas korupsi berdasarkan barometer global Transparansi Internasional 2015 yang disusun berdasarkan opini para ahli.

Peringkat pertama dihuni oleh Denmark. Negara Skandinavia ini mendapatkan skor 100 yang menunjukkan sangat bersih, dan zero dari korupsi.

Di posisi runner-up, ada Finlandia yang mengantongi skor 90, dan naik satu peringkat dari tahun lali. Seperti dilaporkan Deutsche Welle, sejak tahun 1999 sampai dengan 2012 Finlandia selalu menempati peringkat tiga besar. Pada tahun 2012 Finlandia berada di peringkat 1 dari 176 negara. Pada tahun 2000, Finlandia mendapatkan nilai nilai maksimal. Selain Finlandia sampai saat ini hanya Denmark yang bisa mencapai prestasi ini.

Pada posisi ketiga, negara Skandinavia lainnya, Swedia mendudukinya dengan perolehan skor 89. Negara yang pada abad ke-19 lalu menyandang predikat salah satu negara miskin di Eropa ini mampu menerapkan kebijakan, kerangka hukum dan kelembagaan transparan di di Swedia dianggap sangat efektif dalam memerangi korupsi di lembaga pemerintahan negara ini.

Sementara itu, di posisi keempat ada Selandia Baru, meski skor yang diperolehnya turun dari 91 pada tahun lalu menjadi 88. Meski demikian jumlah tindak korupsi di negara ini tergolong sedikit. Budaya jujur masyarakat dan transparansi para pejabatnya dianggap berkontribusi pada tingginya skor bersih korupsi di negara ini.

Pada posisi kelima, ada dua negara yakni Belanda dan Norwegia. Negeri kincir angin masuk lima besar dengan meraih skor 87 bersama Norwegia, yang konsisten menduduki lima besar posisi teratas negara-negara yang bersih dari praktik korupsi.

Swiss menempati peringat tujuh, dengan skor 86. Swiss dengan konsisten menerapkan metode pemberantasan korupsi dengan aturan sangat ketat bagi perusahaan dalam melakukan bisnis. Praktik suap dan transaksi ilegal dalam bentuk apapun tidak mendapat tempat di negara ini.

Sedangkan Kanada berada di peringkat 9 dengan peroleh skor 83. Baru-baru ini Kanda pun terpilih sebagai negara terbaik kedua di dunia dalam pengumuman riset US News di Davos.

Kemudian tiga negara Jerman, Luksemburg dan Inggris menempati posisi 10.

Lalu di mana posisi Indonesia? Negara berpenduduk hampir 300 juta jiwa ini berada di peringkat 88 dengan raihan skor 36, yang meningkat dari 34 pada tahun sebelumnya. Pada peringkat yang sama dengan Indonesia, ada juga Suriname, Mesir, Aljazair, dan Albania.

Editor: Dodo