Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Citra Tubindo Rampungkan Pesanan Pipa Tanpa Sambungan untuk Proyek Jangkrik di Kalimantan
Oleh : Redaksi
Kamis | 28-01-2016 | 18:08 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Citra Tubindo Tbk, berhasil merampungkan pesanan pipa onshore dan offshore untuk ekspor kondensat dan pipa tanpa sambungan (seamless) untuk rangkaian pipa laut dalam untuk komplek Jangkrik yang proyeknya sedang berlangsung di Kalimantan.

Pemesanan pipa ini merupakan kali pertama PT Citra Tubindo Tbk memenangkan proyek besar untuk produk linepipe dari Technip pada bulan Oktober 2014.

Nara Dewa, dari PT Citra Tubindo mengungkapkan pesanan Seamless Line Pipe 5L untuk proyek Jangkrik di Kalimantan ini total panjangnya mencapai 120 kilometer, untuk dibentang di kedalaman laut 200-500 meter.

"Cakupannya terdiri dari kurang lebih 80 km pipa seamless linepipe ukuran 4 inci dengan berbagai ketebalan dinding pipa. Kemudian 40 km pipa seamless linepipe ukuran 12 inci dengan berbagai ketebalan dinding pipa dan Mother Pipe untuk pipa bend dengan berbagai ketebalan dinding pipa," kata dia kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (28/1/2016).

Pipa seamless linepipe ukuran 4 inci berhasil dikirimkan sesuai jadwal pada bulan Juni 2015 dan ukuran 12 inci pun dikirimkan sesuai jadwal pada Desember 2015.

"Dikarenakan sifatnya, sebagai proyek di laut dalam, syarat untuk produksi pipa linepipe bagi proyek Jangkrik Complex lebih ketat. Kualitas produk yang digunakan harus unggul. Pipa linepipe ini dibuat sesuai dengan API 5L yang merupakan standar yang diketahui secara luas dan mendunia untuk industri ini dan produk linepipe ini telah disertifikasi memenuhi spesifikasi proyek oleh badan independen," kata Nara lagi.

Hal ini menjadi suatu kebanggaan luar biasa bagi PT Citra Tubindo karena telah berhasil menyelesaikan proyek dengan tuntutan seketat itu sesuai jadwal. Perusahaan ini juga mencatatkan sebuah pencapaian bahwa proyek dikerjakan secara aman, tidak ada kecelakaan atau cedera sama sekali selama proyek berlangsung. 

"Kami akan berusaha mempertahankan serta meningkatkan kinerja yang lebih tinggi untuk proyek-proyek yang akan datang," pungkasnya.

Editor: Dodo