Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Ratusan Penumpang Lion Air Batam Tujuan Medan Mengamuk
Oleh : Hadli
Kamis | 21-01-2016 | 08:24 WIB
IMG_20160120_174100.jpg Honda-Batam
Ratusan calon penumpang Lion Air tujuan Medan mengamuk di ruang tunggu A7 Bandara Internasional Hang Nadim Batam (Foto : Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penumpang Lion Air kembali mengamuk. Kali ini peristiwa itu terjadi di ruang tunggu A7 Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Rabu (20/1/2016) sekitar pukul 17.30 WIB, akibat pihak maskapai tindak memberikan kepastian penerbangan.

"Lion suka bikin masalah. Hari ini manajemen Lion tidak ada pemberitahuan mengenai permasalahan yang sebenarnya terjadi," kata seorang penumpang kepada BATAMTODAY.COM di Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Menurutnya, calon penumpang beberapa kali minta penjelasan kepada petugas Lion Air tentang kepastian keberangkatan mereka. Namun, petugas hanya menyampaikan informasi bahwa pesawat segera tiba dan penumpang segera diterbangkan.

"Sepuluh menit lagi pesawat tiba dan langsung terbang," kata petugas Lion Air dipintu Gate A7 kepada seratusan penumpang yang mengamuk.

Mendapat jawaban dari petugas Lion tersebut, calon penumpang semakin marah dan mengancam akan mencari sendiri pesawat yang akan menerbangkan mereka ke Medan.

"Kalau tidak juga ada pesawatnya, kami akan turun cari pesawatnya sendiri. Jangan main-main sama kami. Lion selalu begini, tidak ada jadwal yang pasti. Mana tanggung-jawabnya pada penumpang," kata penumpang lainnya.

Kegaduhan yang terjadi dari ratusan penumpang tujuan Medan itu akhirnya dapat diredakan, setelah Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso turun langsung menyelesaikan persoalan.

"Sudah saya panggil Pimpinan Lion Air (Manajer Lion Air Batam, M Zaine Bire-red) untuk menenangkan penumpang," kata Suwarso di depan ruang tunggu A7.

Menurut Suwarso, dua pesawat Lion Air tersebut seharusnya terbang ke Medan pukul 14.35 WIB dan pukul 17.10 WIB.  Keterlambatan penerbangan terjadi karena pesawat tersebut mengalami keterlambatan dari Yogyakarta ke Batam. Total penumpang dari dua pesawat Lion Air tersebut sebanyak 400 orang.

"Sistem rotasi pesawat Lion Air, khususnya yang ke Medan memang menjadi kendala. Kalau terjadi keterlambatan penerbangan dari sana, penerbangan dari Batam juga terkena dampaknya," tuturnya.

Sementara itu, Manajer Lion Air Batam, M Zaine Bire beralasan, kendala yang terjadi karena pesawat yang akan membawa penumpang ke Medan, sempat tertahan dan tidak bisa masuk Apron Hang Nadim Batam karena penuh.

"Dua pesawat langsung terbang ke Medan mengangkut seluruh penumpang, untuk jadwal pukul 14.35 WIB dan 17.10 WIB," ungkapnya berdalih.

Padahal, satu pesawat lagi dari Yogyakarta tujuan Batam ke Medan yang sejatinya berangkat pukul 18.40 WIB, hingga pukul 19.00 WIB belum juga diterbangkan. Sehingga ratusan penumpang tersebut harus menunggu dalam ketidak-pastian untuk diberangkatkan, diruang tungu A7 Hang Nadim Batam.

"Informasi barusan, delay juga sekitar 90 menit," kata penumpang lain setelah mendapat kabar dari petugas Lion Air.

Editor: Udin