Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Kepri
Oleh : Hadli
Rabu | 20-01-2016 | 13:43 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Batam melaporkan selama dua hari ini cuaca di Kepulauan Riau terjadi intensitas hujan ringan. 

Kepala Stasiun BMKG Batam Philip Mustamu mengatakan, hal itu dikarenakan pola belokan angin (shearline) yang terbentuk di atas wilayah Kepulauan Riau menyebabkan terjadinya perlambatan kecepatan angin yang berpotensi pada penumpukan massa udara. 

"Hal tersebut mendukung dalam proses pertumbuhan awan. Nilai kelembapan udara yang cukup tinggi di lapisan atas juga menambah potensi pertumbuhan awan-awan konvektif," kata Philip, Rabu (20/1/2015). 

Cuaca hari ini Rabu dan esok Kamis (21/1/2016) diperkirakan berawan dan berpeluang hujan ringan. Tambahnya, kondisi ini masih kondusif untuk akivitas transportasi darat dan udara. 

"Namun untuk aktivitas kelautan dihimbau agar lebih berhati-hati terhadap gelombang laut yang cukup tinggi di perairan Natuna dan Anambas serta arus laut yang cukup kuat terutama di wilayah perairan Pinang, Bintan, Lingga serta perairan Natuna," tuturnya. 

Berdasarkan data Stasiun BMKG Hang Nadim Batam pada Rabu hari ini, kecepatan arus laut wilayah Batam 25 Centimeter perdetik. Karimun 10 centimeter per detik sedangkan kecepatan arus perairan wilayah Lingga 60 centimeter per detik dengan masing-masing tinggi gelombang di tiga wilayah perairan tersebut sepanjang 1 meter. 

Untuk kecepatan arus di Bintan dan Tanjungpinang 55 centimeter per detik dengan tinggi ombak setinggi 1,3 meter. Untuk kecepatan arus di Natuna 60 centimeter per detik dengan tinggi ombak 2 meter. Untuk perairan Anambas kecepatan arus 25 centimeter per detik dengan tinggi gelombang hingga 2 meter. 

Kecepatan arus laut dan tinggi gelombang untuk Kamis (21/1/2016) besok tidak terjadi perubahan yang signifikan di perairan Kepri. Perubahan terjadi hanya pada kecepatan arus di Bintan dan Tanjungpinang serta Lingga yakni 40 centimeter per detik. 

Editor: Dodo