Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gitaris Eagles, Glenn Frey Meninggal Dunia
Oleh : Redaksi
Rabu | 20-01-2016 | 10:48 WIB
glenn_frey.jpg Honda-Batam
Glenn Frey semasa muda. (Sumber foto: tumblr)

BATAMTODAY.COM - Grup musik country rock legendaris Amerika Serikat, Eagles, baru saja kehilangan gitarisnya, Glenn Frey, yang tutup usia pada Senin (18/1/2016) kemarin waktu setempat. Frey, dikabarkan situs resmi Eagles, sebelumnya menderita penyakit komplikasi radang sendi, radang usus, dan radang paru-paru, hingga akhirnya mengembuskan napas terakhirnya di New York City pada usia 67 tahun. 

“Glenn telah berjuang dengan gagah berani selama beberapa minggu terakhir,” tulis pihak band. “Keluarga Frey ingin berterima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang bersama Glenn dan mendoakan kesembuhannya. Tidak ada kata yang dapat menggambarkan kesedihan kami, atau pun cinta dan rasa hormat kami atas apa yang telah ia berikan kepada kami, keluarganya, komunitas musik dan jutaan penggemar di seluruh dunia.”

Menurut Rolling Stone, penyakit yang diderita Frey sempat membuat Eagles menunda konsernya yang diadakan Kennedy Center Honors pada Desember tahun lalu. Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak Eagles, Frey disebutkan “Penyakit ususnya kambuh lagi seperti sebelumnya, akan membutuhkan operasi besar dan proses pemulihan yang panjang.” 

Don Henley, salah seorang personel Eagles yang dekat dengan Frey, mengungkapkan rasa duka citanya yang mendalam. Henley menulis, saat ini pihak band masih berduka. “Kami semua sangat terkejut, tidak percaya, dan merasakan kesedihan yang mendalam,” tulis Henley.

“Ia seperti saudara bagi saya, kami adalah keluarga,” tulis Henley dalam tajuk penghormatan yang ia tulis, demikian dilansir Rolling Stone. “Glenn adalah pria yang memulai segalanya. Dia adalah ‘sang busi’, pria dengan rencana.” 

Kedekatan Henley dengan Frey selama 45 tahun membuatnya merasa “sangat aneh untuk terus terus melaju di dunia tanpa kehadirannya di dalamnya.” Keduanya bertemu pada 1970. Mereka berbagi nasib di Los Angeles, dan berjuang dengan mimpi yang sama: untuk berhasil di industri musik. 

Eagles adalah band asal Amerika yang terbentuk pada 1970. Lagunya yang berjudul “Hotel California” menjadi hit besar pada 1976 dan memenangkan trofi Grammy sebagai Record of the Year. Grup musik ini akhirnya bubar pada 1980. Setelah band ini bubar pada 1980, Frey memulai karier solonya dan merekam lagu “The One You Love” dan “The Heat is On”. 

Sumber: Rolling Stone