Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IMF Turunkan Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global
Oleh : Redaksi
Rabu | 20-01-2016 | 09:50 WIB
china_economy_by_epa.jpg Honda-Batam
Pertumbuhan ekonomi Cina pada 2015 adalah yang terendah dalam 25 tahun terakhir. (Foto: Epa)

BATAMTODAY.COM, Washington DC - Dana Moneter Internasional, IMF, menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi global untuk periode dua tahun mendatang.

Lembaga dunia tersebut memperkirakan ekonomi dunia pada 2016 tumbuh 3,4% dan 3,6% untuk 2017.

Revisi antara lain disebabkan oleh pelambatan pertumbuhan di negara-negara yang biasa disebut kekuatan ekonomi baru (emerging economies) dan juga karena turunnya pertumbuhan ekonomi Cina, yang diprediksi tumbuh masing-masing 6,3% dan 6% untuk tahun ini dan tahun depan.

Di antara kekuatan ekonomi baru, Brasil diperkirakan akan mengalami kontraksi terbesar, yaitu 3,5% untuk tahun ini, sementara pada tahun 2017 IMF memperkirakan tidak ada pertumbuhan sama sekali.

Perubahan perkiraan oleh IMF mencerminkan ketidakpastian politik sebagai imbas atas penyelidikan korupsi di perusahaan minyak Petrobras.

Rusia -yang menghadapi dampak melemahnya harga minyak, yang merupakan salah satu ekspor andalan mereka- diperkirakan akan tetap mengalami resesi tahun ini sebelum kembali tumbuh tahun depan.

Untuk India, IMF tetap dengan prediksi bahwa negara ini tumbuh 7,5% baik untuk tahun ini maupun tahun depan. (Sumber: BBC Indonesia)

Editor: Dardani