Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPPU RI Terus Awasi Persoalan Distribusi Pangan di 2016
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 14-01-2016 | 12:35 WIB
konpers-kppu.jpg Honda-Batam
Kurnia Sya'ranie, Wakil Ketua KPPU RI menjelaskan kepada pers mengenai fokus lembaganya dalam mengawasi persaingan usaha. (Foto: Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI di tahun 2016 akan terus melakukan penegakan hukum persaingan usaha, khususnya persoalan distribusi pangan yang selama 2015 jadi persoalan besar.


"KPPU diundang membahas persoalan dugaan kartel daging sapi Jabodetabek. Lalu perkara kartel ban, permasalahan kelangkaan daging sampai beras," kata Kurnia Sya'ranie, Wakil Ketua KPPU RI,.saat kunjungan ke Kantor Perwakilan KPPU Batam di lantai 6 Gedung Graha Pena, Batam Center, Kamis (14/1/2016).

Ia mengatakan, bahwa tahun 2016 bakal ditandai dengan beragam perubahan, persaingan, dan tantangan yang lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kondisi tersebut tidak hanya sesama warga bangsa tapi juga antar bangsa setelah pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

MEA akan menjadi ujian dan cobaan bagi bangsa Indonesia apakah mampu bersaing dalam pasar bebas ASEAN yang menuntut peningkatan produktivitas dan kinerja kompetitif dalam berbagai sektor.

"Dengan berbagai tantangan yang akan dihadapi, kehadiran otoritas pengawas persaingan usaha yang kuat dari sisi hukum dan kelembagaan mutlak diperlukan," ujar Kurnia Sya'ranie.

Editor: Dodo