Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Datangkan 6 Juta Butir Kelapa dari Indonesia
Oleh : Magid
Sabtu | 06-08-2011 | 11:01 WIB
KL18_19060_BADARUDDIN.jpg Honda-Batam

Ketua FAMA Malaysia, Datuk Badruddin Amiruldin. (Foto: Bernama)

JOHOR, batamtoday - Atasi tingginya permintaan kelapa pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2011 ini, pemerintah Malaysia akan mendatangkan sekitar 6 juta butir kelapa dari Indonesia. Pemerintah setempat merasa langkah tersebut perlu dilakukan untuk menghindari fluktuasi harga yang tidak menentu.

Demikian disampaikan The Federal Agricultuture Marketing Authority (FAMA) seperti dikutip batamtoday dari Berita Harian Johor, Sabtu, 06 Agustus 2011.

"Fama akan mengimport 6 juta butir kelapa untuk memastikan stok aman hingga lebaran," ujar ketua FAMA, Datuk Badruddin Amiruldin.

Menurut Badrudin, sebanyak 6 juta butir kelapa asal Indonesia akan dikirim dalam dua tahap, masing-masing 3 juta butir. Untuk 3 juta butir pertama sudah tiba di Malaysia awal pekan ini. Sisanya diperkirakan akan tiba dalam waktu dekat. Hingga saat ini seharusnya tidak ada fluktuasi harga santan dan kelapa, seperti yang terjadi disejumlah negara bagian, salah satunya Trengganu.

"Isu kenaikan harga santan dan kelapa di sejumlah negara bagian seperti Trengganu tidak seharusnya terjadi, mengingat Minggu ini stok sebenarnya sudah aman," ujarnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi mengenai alasan memilih kelapa asal Indonesia dibanding dengan Thailand, Badrudin hanya menjawab singkat. Kelapa Thailand memang dikenal memiliki kualitas yang bagus, hanya saja harga jauh lebih mahal dibanding kelapa asal Indonesia.

"Kualitas kelapa Indonesia dijamin sama dengan kualitas kelapa Malaysia, jadi tidak ada persoalan tentang itu. Justru kita (Fama) lebih memilih kelapa asal Indonesia karena lebih murah dibanding Thailand," ujarnya.