Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malam Perayaan Hari Kemerdekaan Singapura

Hubungan Singapura-Kepri Sangat Erat
Oleh : ali/ dodo/ shodiqin
Jum'at | 05-08-2011 | 20:39 WIB
masagos.jpg Honda-Batam

Menteri Luar Negeri Singapura Masagos Zulkifli

BATAM, batamtoday - Menteri Luar Negeri Singapura Masagos Zulkifli menggelar perayaan hari kemerdekaan Singapura di Kota Batam, Kamis 4 Agustus 2011.

Sejatinya hari kemerdekaan Singapura itu jatuh pada 9 Agustus, namun dalam merayakan HUT (hari ulang tahun) Singapura ke-46 tersebut dilakukan pada 4 Agustus. Mungkin, pada hari itulah Pak Menteri punya waktu luang untuk merayakan HUT Singapura di Pulau Batam. Atau, yang penting dirayakan pada bulan Agustus.

Sebagaimana hari kemerdekaan Republik Indonesia, yang jatuh pada 17 Agustus namun banyak orang telah merayakannya sebelum HUT RI ke-66 itu tiba.

Masagos Zulkifli merasa senang dapat merayakan HUT Singapura di Batam. Apalagi, sebelum itu Masagos terlebih dahulu telah bertemu petinggi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). "Saya telah bertemu dengan Bapak Gubernur Muhammad Sani, dan kami banyak bertukar pandang. Kami berdua setuju untuk meningkatkan hubungan baik antara Singapura dan Kepri," ujar Menteri Luar Negeri Singapura, yang baru berkunjung secara resmi untuk pertama kalinya di Batam.

Menurut Masagos, Singapura dan Kepri memiliki hubungan yang mendalam dan telah terjalin begitu lama, bahkan sejak sebelum Singapura merdeka pada 1965. Sampan-sampan yang dulu mengarungi Batam dan dermaga Clifford di Singapura, yang mengangkut masyarakat dan barang hasil produksi lokal, sekarang telah digantikan dengan ferry dan kapal-kapal kargo modern.

"Warga Singapura adalah wisatawan manca negara terbanyak yang berkunjung ke Kepri. Dibukanya Konsulat Singapura di Batam sejak tahun lalu, membuktikan bahwa hubungan Kepri dan Singapura sangat kuat," ujar Menteri Luar Negeri Singapura.

Pada malam perayaan hari kemerdekaan Singapura, yang antara lain dihadiri pejabat di wilayah Kepri dan negara Singapura, pengusaha, dan masyarakat Kepri dan Singapura itu, Masagos Zulkifli tak lupa berpantun: //Bunga Seroja harum mawangi/ Burung Serunduk mematuk betik// Ulang tahun Singapura diperingati/ Hubungan Kepri Singapura Bertambah Baik//