Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyanyi Legendaris David Bowie Tutup Usia
Oleh : Redaksi
Senin | 11-01-2016 | 15:55 WIB
david_bowie.jpg Honda-Batam
David Bowie.

BATAMTODAY.COM - Hanya berselang dua hari setelah merayakan hari ulang tahunnya yang ke-69, penyanyi dan pencipta lagu legendaris, David Bowie dikabarkan tutup usia pada Minggu (10/11) waktu setempat. 

"David Bowie meninggal dunia dengan tenang pada hari ini dengan dikelilingi oleh keluarganya setelah selama 18 bulan berperang dengan gagah berani melawan kanker. Sementara banyak dari Anda akan berbagi tentang kepergian ini , kami meminta Anda menghormati privasi keluarga selama mereka menjalani masa duka cita," demikian bunyi pernyataan resmi dari akun Facebook David Bowie.

Tepat di hari ulang tahunnya pada 8 Januari yang lalu, David Bowie merilis album studio terakhirnya yang ke-28 bertajuk Blackstar. Sebelumnya pada awal 2013 ia juga merilis album studio bertajuk The Next Day yang  menerima banyak pujian walau tanpa pernah diiringi oleh tur konser sekalipun untuk mempromosikan album tersebut. Hingga akhir hayatnya Bowie bahkan tidak pernah menjelaskan kepada media massa mengenai penyakit yang dideritanya dan hanya terus aktif berkarya, merilis album dan beberapa video musik.

Rentang karier David Bowie yang nyaris selama empat dekade mulai dari pop barok, music hall, folk rock, glam rock, soul, dance pop hingga electronic menjadikannya sebagai salah satu artis legendaris dunia yang dilantik masuk ke dalam Rock & Roll Hall of Fame pada Januari 1996. Rolling Stone juga memilihnya sebagai salah satu dari 100 Artis Terbaik Sepanjang Masa dan salah satu Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa.

Hit pertama David Bowie dicetak pada 1969 yang bertajuk “Space Oddity” dari album kedua, David Bowie. Karya Bowie yang paling terkenal hingga kini di antaranya adalah saat awal 1972 ia memperkenalkan karakter glam rock nan flamboyan, Ziggy Stardust dalam berbagai tur konser untuk mempromosikan album The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spiders from Mars.

Hingga akhir hayatnya David Bowie diperkirakan telah menjual lebih dari 140 juta album miliknya di seluruh dunia.   

Lahir pada 8 Januari 1947 di Brixton, Inggris dengan nama asli David Robert Jones, ia mulai mengganti nama panggungnya dari Davy Jones menjadi David Bowie pada 1966 karena khawatir nama tersebut membingungkan publik nantinya karena sama dengan nama salah seorang anggota The Monkees, Davy Jones.  

Sumber: Rolling Stone