Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sam Budigusdian Resmi Jabat Kapolda Kepri
Oleh : Surya
Senin | 11-01-2016 | 10:25 WIB
Kapolda-Sambudi2.jpg Honda-Batam
Brigjen Pol Sam Budigusdian, Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) yang baru

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti melantik Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) yang baru Brigjen Pol Sam Budigusdian menggantikan Brigjen Pol Arman Depari.

Pelantikan dan serah terima jabatan Kapolda Kepri digelar di Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11/1/2015).

Badrodin yang bertindak sebagai inspektur upacara memimpin pengambilan sumpah jabatan Kapolda Kepri yang baru. Selain melantik Kapolda Kepri yang baru, Kapolri juga melantik enam Kapolda lainnya dan Kakor Brimob Polri.

Pelantikan juga dihadiri Wakapolri Komjen Budi Gunawan serta para petinggi Polri lainnya. "Sumpah ini disaksikan yang hadir di sini dan Tuhan yang Maha Kuasa. Apabila saudara melanggar sumpah ini, maka akan jadi konsekuensi di dunia dan akhirat," kata Kapolri.

Sebelum dilantik sebagai Kapolda Kepri menggantikan Brigjen Pol Arman Depari, Brigjen Pol Sam Budigusdian menjabat sebagai Waka Korlantas Polri. Arman Depari akan ditugaskan di Badan Narkotika Nasional (BNN). Sedangkan posisi Wakorlantas akan digantikan oleh Kombes Indrajit.

Adapun enam Kapolda lainnya yang mengalami pergantian, yaitu Kapolda Maluku yang sebelumya dijabat Brigjen Murad Ismail akan digantikan oleh Brigjen Pol Ilham Salahuddin yang kini menjabat Wakapolda Sumut. Sedangkan Brigjen Murad Ismail akan menjabat Kakor Brimob Polri menggantikan Irjen Robby Kaligis yang dipromosikan menjadi Kasespim Polri Lemdikpol.

Kapolda Sulmsel Irjen Iza Fadri digantikan oleh Irjen Djoko Prastowo yang saat ini menjabat Wakabaintelkam. Sedangkan Irjen Iza Fadri digeser menjadi Sahli Sospol Kapolri.

Kapolda NTT Brigjen Endang Sunjaya digantikan oleh Brigjen Widiyo Sunaryo yang sebelumnya bertugas di Div Hubinter Mabes Polri. Brigjen Endang Sunjaya dipromosikan menjadi Irwil III Itwasum.

Kapolda Lampung Brigjen Edward Syah Pernong akan digantikan Brigjen Ike Edwin yang kini menjabat Wakapolda Sulselbar. Edward Syah Pernong dimutasi sebagai analis kebijakan utama Sahli Kapolri.

Kapolda Jambi Brigjen Lutfi Lubihanto digantikan Brigjen Musyafak yang kini menjabat sebagai Wakapolda Jateng. Sedangkan Lutfi dipromosikan menjadi Wakabintelkam.

Kapolda Sumbar Irjen Bambang Sri Herwanto dipromosikan menjadi Direktur Program STIK. Posisinya akan digantikan Brigjen Basarudin yang kini menjabat Karo Watpres SDM Polri.

Sementara itu, Brigjen Murad Ismail dilantik sebagai Kakor Brimob menggantikan Irjen Robby Kaligis. Robby menempati posisi baru yaitu Kasespim Polri Lemdikpol.

Editor: Surya