Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nyat Kadir Tawarkan Solusi Penyatuan Manajemen Pemko-BP Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 08-01-2016 | 09:35 WIB
nyat-kadir.jpg Honda-Batam
Nyat Kadir. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penyatuan Badan Pengusahaan (BP) dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam dinilai jalan terbaik untuk menyelesaikan permasalahan dualisme kewenangan di Batam.


Anggota Komisi VI DPR, Nyat Kadir, berpendapat bahwa dengan penyatuan tersebut, menurutnya tidak akan menimbulkan gejolak, baik di kalangan masyarakat maupun perkembangan investasi di Batam.

"Bukan masalah kawasannya sekarang, tapi menurut pribadi saya adalah lembaganya ini yang harus diselesaikan dulu. Solusi sementara, paling murah dan efesien adalah Wali Kota ex officio Kepala BP Batam. Jadi leadernya tetap ada yaitu pemda," kata Nyat di Batam, Kamis  (7/1/2016).

Dijelaskan Nyat, bahwa hal serupa pernah terjadi di Tiongkok, dan itu berhasil dengan penyatuan manejemen sehingga membuat daerah disana lebih berkembang dan maju. Dan menurutnya juga tidak salah jika menirunya untuk di Batam.

Namun, itu untuk mewujudkan itu semua perlu kebesaran hati bersama dan bukan mementingkan kelompok baik Pemko Batam ataupun BP Batam. Tetapi demi kepentingan bersama bagi bangsa dan negara.

"Karena itu saya kira tidak perlu buru-buru sebenarnya. Tunggu gubernur dan wali kota terpilih dilantik," ujarnya. Baca: Gagal Capai Kesepakatan, Darmin Lanjutkan Rakor FTZ Batam Pekan Depan

Pasalnya, jika kali ini pemerintah tidak berhasil menata Batam maka ke depannya akan menambah ketidakpastian bagi investor. Bukan saja kewenangan yang menjadi persoalan, dua Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) juga membingungkan.

Editor: Dardani