Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aktor Nicolas Cage Kembalikan Tengkorak Dinosaurus
Oleh : Redaksi
Rabu | 23-12-2015 | 11:57 WIB
nicolas-cage.jpg Honda-Batam
Nicolas Cage.

BATAMTODAY.COM - Aktor Nicolas Cage sepakat untuk mengembalikan tengkorak dinosaurus langka kepada pemerintah Mongolia setelah mengaku tidak tahu kalau benda itu hasil curian.

Cage membeli tengkorak Tyrannosaurus bataar pada 2007 dengan harga US$276.000 atau sekitar Rp3,7 miliar. Dia membelinya dari sebuah galeri di Beverley Hills yang juga memberikan sertifikat keasliannya.

Baik Cage maupun galeri yang menjual tengkorak tidak dituduh melakukan pelanggaran terkait keberadaan tengkorak dinosaurus hasil penyelundupan itu.

Alex Schack, seorang juru bicara Nicolas Cage, mengatakan aktor film Con Air itu dihubungi oleh Departemeh Keamanan Dalam Negeri pada tahun 2014. Ketika itu, Cage diberitahu bahwa tengkorak dinosaurus miliknya itu mungkin hasil curian.

Penyelidik kemudian meneliti asal usul tengkorak dan memastikan benda tersebut memang diselundupkan dari Mongolia.

Mengetahui hal itu, lanjut Schack, Cage setuju untuk menyerahkan tengkorak ke pihak berwenang Amerika Serikat yang selanjutnya akan mengirimkan ke Mongolia.

Tyrannosaurus bataar memiliki hubungan dengan Tyrannosaurus rex dan hidup sekitar 70 juta tahun lalu. Jejak-jejak Tyrannosaurus sejauh ini baru ditemukan di Mongolia. Pemerintah negara itu melarang ekspor fosil dinosaurus pada 1924.

Sumber: BBC